Syukuran Jalur Linggar Jati JA RAPP

Piala Menteri Pariwisata RI Diarak Keliling Pangean

Piala Menteri Pariwisata RI Diarak Keliling Pangean


TELUK KUANTAN - Sukses meraih juara 1 pacu jalur tradisional event nasional tahun 2012 dan piala bergilir Menteri Pariwisata RI, Piala Gubernur Riau, dan Piala Bupati Kuantan Singingi, Sabtu ( 22/4 ) pekan lalu, piala-piala tersebut diarak keliling kampung di Kecamatan Pangean oleh ratusan masyarakat. Kegiatan ini merupakan rangkaian syukuran atas prestasi jalur Linggar Jati JA RAPP yang mendapat juara 1.

 
Kegembiraan warga Pangean ini tak terlepas dari prestasi Jalur Linggar Jati JA RAPP asal desa Pulau Kumpai yang berhasil "mambangkik batang tarondam". Pasalnya lebih dari 28 tahun, jalur asal Pangean tak mampu menyabet juara pertama pada even pacu jalur di Tepian Narosa Teluk Kuantan. Jalur Pangean terakhir yang sukses meraih juara pertama tahun 1984 yang diraih jalur Silancar Air dari Teluk Pauh Pangean. Setelah itu, prestasi terbaik jalur-jalur asal Pangean hanya diposisi runner up

Dahaga prestasi ini terpuaskan oleh presatasi jalur Linggar Jati.Karena itu masyarakat Pangean menyambut nikmat tiada tara dan menyambutnya dengan suka cita dan penuh kegembiraan serta dengan penuh ungkapan rasa syukur.

"Wajar piala Menteri Pariwisata RI ini kita arak keliling Pangean, karena sudah lebih dari 28 tahun Pangean tak juara di Teluk Kuantan. Ini sebuah penantian panjang yang patut kita sambut dengan gembira dan suka cita," ujar Icet Sempana (37), salah seorang peserta pawai yang mengaku berdomisili Teluk Kuantan.

Jauh-jauh Icet datang dari Teluk Kuantan hanya untuk mengikuti pawai guna mengarak piala bergilir Menteri Pariwisata RI bersama ratusan masyarakat lainnya. "Saya sengaja datang dari Teluk Kuantan hanya ingin mengarak piala yang sudah lama kita tunggu-tunggu kedatangannya di Pangean," kata Icet yang mengaku berasal dari Pangean.

Pawai sekaligus arak-arakan masyarakat Pangean ini dipimpin Ketua Generasi Muda Pasarbaru Pangean, Syakarni. Iring-iringan mobil dan kendaraan roda dua membuat jalan sepanjang yang dilewati peserta pawai ini mengalami kemacetan.

"Kita patut mengapresiasi prestasi yang telah diraih jalur Linggar Jati yang telah mampu mengangkat dan mengharumkan nama Pangean di even pacu jalur nasional. Kita harapkan ini menjadi motivasi bagi jalur Pangean lainnya," ujar pria yang juga anggota TNI AD dari Koramil Kuantan Hilir ini.

Camat Pangean Novrion SSos mengatakan, bahwa piala bergilir yang berhasil disemayamkan di haluan jalur Linggar Jati ini diarak keliling kampung oleh masyarakat Pangean. Tujuannya ingin memberitahu kepada masyarakat, bahwa jalur Pangean mampu menjadi yang terbaik pada even pacu jalur nasional. Disamping itu, juga sebagai motivasi agar muncul jalur-jalur berprestasi lainnya asal Pangean yang siap mengharumkan nama Pangean di even pacu jalur nasional untuk tahun-tahun mendatang.

"Keberhasil Linggar Jati harus kita syukuri bersama, karena ini adalah kemenangan yang dipersembahkan untuk seluruh masyarakat Pangean setelah menunggu lebih dari 28 tahun kita tidak bisa berbuat apa-apa di even pacu jalur yang lebih besar," ujarnya.

Pawai yang dimulai sekitar pukul 15.00 berakhir sekitar pukul 17.30 WIB. Lalu, para peserta pawai melanjutkan dengan makan "konji" bersama di Desa Pulau Kumpai Pangean. ( ktc1 )

 

Berita Lainnya

Index