Kemacetan di Pekanbaru. ( tnc )

Wah, Konsumsi Kendaraan Warga Pekanbaru 400 Unit per Hari

Kamis,25 September 2013 - 02:04:00 WIB
Share Tweet Google + Cetak

PEKANBARU - Kepadatan kendaraan di Ibu Kota Provinsi Riau, Pekanbaru, tiap tahunnya begitu terasa disebabkan tingginya tingkat 'konsumsi' kendaraan di daerah ini. Bahkan setiap harinya, ada 400 unit sepeda motor dan mobil baru yang menambah kepadatan kawasan perkotaan.


Direktorat Lalu Lintas Polda Riau menyatakan, penjualan kendaraan baru jenis roda empat dan sepeda motor di Kota Pekanbaru pada tahun 2012 mencapai lebih dari 115.200 unit. "Per minggunya itu minimal mencapai 2.400 unit atau sebulannya sekitar 9.600 unit," kata Direktur Ditlatas Polda Riau Kombes Pol Drs Eri Safari di Pekanbaru, beberapa waktu lalu.


Eri mengatakan, dominan 'konsumsi' kendaraan baru tersebut adalah sepeda motor mengingat begitu banyaknya kemudahan untuk mendapatkan unit tersebut. Ada banyak perusahaan perkreditan, demikian Eri, menawarkan berbagai kemudahan agar konsumen segera melakukan transaksinya.


Salah satunya, kata dia, yakni dengan memberikan kredit sepeda motor dan mobil dengan uang muka yang cukup ringan, bahkan tanpa uang muka untuk sepeda motor. Kondisi tersebut menurut dia tentunya akan sangat menggiurkan bagi para calon konsumen berbagai kalangan, bahkan yang berpenghasilan rendah sekalipun.


Pertumbuhan kendaraan sepanjang beberapa tahun terakhir sebelum adanya keputusan Bank Indonesia (BI) terkait uang muka minimum harus 30 persen, kata Kombes Eri, membuat berbagai perusahaan perkreditan kendaraan dengan mudah membujuk konsumen.


Alhasil, kata dia, terjadi peningkatan pembelian kendaraan yang cukup siknifikan setiap tahunnya. Hal tersebut yang kemudian menurut dia menyebabkan terjadinya kepadatan kendaraan untuk berbagai kawasan khususnya di perkotaan. "Tapi yang jelas kondisi saat ini belum begitu parah," katanya.( sumber : goriau.com )


Ikuti Kuansing Terkini Melalui Media Sosial


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT