Tuntaskan Penyerobotan Lahan Sumpu, Semua Aktifitas Harus Dihentikan

Tuntaskan Penyerobotan Lahan Sumpu, Semua Aktifitas Harus Dihentikan
Hutan Sumpu Hulu Kuantan yang terus diserobot oleh oknum tak bertanggungjawab. ( ktc )
TELUK KUANTAN - Salah satu solusi yang dapat dilaksanakan saat ini untuk mengurangi silang sengakrut kepemilikan lahan di hutan Sumpu Kecamatan Hulu Kuantan yakni menghentikan sementara waktu segala aktifitas dikawasan tersebut.
Hal tersebut dikatakan Asisten I Setda Kuansing, Drs H Erlanto di kantor Bupati saat ditanya perkembangan kasus tersebut, Senin ( 23/9 ) kemaren.
Setelah semua akfifitas berhenti, ujarnya kemudian dilakukan pendataan di lapangan mengenai kepemilikan lahan yang dikuasai indvidu dan maupun yang mengaku berbadan usaha resmi seperti PT.
" Kalau tidak berhenti dulu, bagaimana menyelesasikannya,"ujar Erlianto.
Menurut Erlianto, dari hasil pendataan awal dilapangan, individu dan perusahaan yang mengaku memiliki lahan memiliki surat transaksi jual beli. Apakah benar, surat jual beli tersebut syah atau tidak baru dapat diketahui setelah dilakukan pendataan.
Karena itu ujarnya, upaya mengurai silang sengkarut kepemilihan lahan di hutan Sumpu tersebut memerlukan ketertlibatan Badan Pertanahan Nasional. Karena mereka yang memiliki pengetahuan soal keabasahan jual beli lahan termasuk menentukan status kawasan tersebut.
Namun demikian ujarnya, Pemkab Kuansing melalui tim terpadu yang dibentuk untuk mengatasi masalah kehutanan tersebut, terus bekerja, dan dalam tahap awal mengumpulkan seluruh data terkait pemilik dan status lahan yang mereka kuasai. Dengan demikian nanti akan jelas, siapa pemiliknya dan lokasi lahan mereka, sehingga mendapat gambaran mengenai permasalahan dan solusi yang akan diambil.
"  Belum lama ini Dishut dan Polisi juga sudah turun untuk memastikan lahan-lahan yang bersengketa di kawasan ini masuk HPT atau tidak, kan ada titik-titik koordinatnya,"ujar Erlianto.

Karena selain okupasi kawasan hutan ujarnya, juga ada saling klaim dari masyarakat adat soal kepemilikan lahan dikawasan ini. ( isa)

Berita Lainnya

Index