Zulher. ( prc )

Isu Lingkungan Anjlokan Harga TBS dan CPO

Selasa,23 September 2013 - 04:18:00 WIB
Share Tweet Google +

PEKANBARU - Salah satu pengaruh anjloknya harga CPO dan Tandan Buah Segar (TBS) disebabkan isu lingkungan bersifat negatif yang tidak bisa ditepis dengan baik.

Untuk itu pemerintah pusat harus mampu membantu pemerintah daerah menepis isu negatif yang berkembang bahwa perkebunan kepala sawit merupakan perusak lingkungan.

"Jika isu lingkungan terus dihembuskan dikhawatirkan berdampak pada harga dan ekspor CPO di Riau dan wilayah lainnya di Indonesia," ujar Kepala Dinas Perkebunan Riau, Zulher.

Menurutnya, penegasan pemerintah pusat sangat diperlukan karena Riau termasuk salah satu daerah penyumbang devisa terbesar daris ektor pajak sawit.

Beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa perkebunan kepala sawit tidak merusak lingkungan. Bahkan jika dikelola dengan manajemen baik dapat memberi masukan positif dalam menjaga kesuburan tanah.

Diakui Zulher, selain itu fluktuasi harga TBS dan CPO kelapa sawit memang imbas dari mekanisme pasar. Namun isu lingkungan sangat kental.

"Diperparah pula tingkat kebakarna hutan dan lahan yang menimbulkan asap. Ini berkembang menjadi permasalahan dunia karena berimbas ke negara tetatangga," terangnya. ( sumber : politikriau.com )

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT