Ruhut Sitompul Tuding Jokowi Lupakan Esemka

Ruhut Sitompul Tuding Jokowi Lupakan Esemka
Ruhut Sitompul. ( tempo.co )

JAKARTA - Ruhut Sitompul, anggota Komisi Hukum dan HAM dari Fraksi Partai Demokrat, menilai Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo tidak konsisten. Ia menilai penolakan mantan Wali Kota Solo tersebut terhadap kebijakan mobil murah ramah lingkungan (low cost green car/LCGC) membuktikan inkonsistensi politikus PDIP itu.

"Dulu dia dikenal karena apa? Karena ide mobil murahnya, kan?" ujar Ruhut ketika dihubungi, Jumat, 20 September 2013. Ruhut mengatakan, Jokowi bisa terkenal kemudian terpilih menjadi Gubernur DKI karena andil program mobil murah yang pernah diusungnya selama di Solo.

Ketika itu, Jokowi mempromosikan mobil nasional bernama Esemka yang dirakit anak-anak sekolah di Solo bersama sebuah bengkel di sana. Gagasan Esemka sempat meroket dan menggelorakan nasionalisme industri di Tanah Air.

"Dulu dia yang semangat mobil murah," ujarnya. Ruhut menambahkan, mungkin Jokowi mulai realistis saat ini, berbeda dengan pencitraan yang dibuatnya pada masa menjabat Wali Kota Solo.

Wakil Presiden Boediono dan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo bersilang pendapat mengenai kebijakan mobil murah ramah lingkungan. Boediono menilai industri otomotif dalam negeri sudah menjadi tulang punggung industri nasional. Sedangkan Jokowi menilai kebijakan tersebut salah. Menurut dia, pemerintah seharusnya menyediakan sarana transportasi murah ketimbang menyediakan mobil murah. ( sumber : tempo.co )

Berita Lainnya

Index