Jokowi Dukung Foke Jadi Dubes Jerman

Jokowi Dukung Foke Jadi Dubes Jerman
Gubernur DKI Joko Widodo. ( tempo.co )

JAKARTA - Mantan Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo lolos menjadi duta besar Republik Indonesia untuk Jerman. Joko Widodo yang tahun lalu mengalahkan Foke pada pemilihan Gubernur DKI Jakarta menganggap Foke layak menempati jabatan barunya tersebut.

"Sangat pas, sangat mendukung beliau jadi duta besar di Jerman," kata dia di hotel JW Marriot, Jakarta, Kamis, 19 September 2013.

Foke memang lama tinggal di Jerman. Pria kelahiran 10 April 1948 ini mengambil studi Arsitektur bidang Perencanaan Kota dan Wilayah dari Technische Universitet Braunschweig di Jerman. Kemudian ia melanjutkan program Doktor Ingenieur dari Technische Universitet Kaiserslautern bidang perencanaan yang diselesaikannya pada tahun 2000.

Berbekal pengalaman itulah, Jokowi menilai Foke sangat mumpuni untuk menjadi dubes di Jerman. "Beliau itu punya kapasitas, punya jaringan di sana, dulu sekolah di sana, kuliah disana. Sangat siap," ujar alumni Kehutanan Universitas Gadjah Mada ini.

Jokowi juga akan mengucapkan selamat kepada rivalnya pada pemilihan gubernur DKI Jakarta itu. "Nanti telpon kan bisa, setelah dilantik," tuturnya.

Setelah mengikuti seleksi calon duta besar selama tiga hari berturut-turut sejak Senin, 16 September 2013 lalu, Foke akhirnya lolos dalam seleksi calon duta besar yang dilakukan Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat. Selain Foke, terdapat 21 kandidat calon dubes lainnya yang juga dinyatakan layak sebagai duta besar RI.( sumber : tempo.co )

Berita Lainnya

Index