Portal Online Kebanggaan Masyarakat Kuansing

Jumlah Hewan Kurban di Kuansing Meningkat

Jumat,19 September 2013 | 02:48:00   Dibaca: 421 kali
Jumlah Hewan Kurban di Kuansing  Meningkat
Ket Foto : Hewan kurban. ( ktc )


TELUK KUANTAN - Dinas Peternakan ( Disnak ) Kuansing  memperkirakan kebutuhan hewan kurban untuk hari raya Idul Adha nanti di Kuansing akan mencapai 2500 ekor. Jumlah ini mengalami sedikit peningkatan dari tahun sebelumnya yaitu 2400an ekor Sapi dan kambing.

"Sampai saat ini kita terus melakukan monitoring, para Kacab kita minta untuk melaporkan kebutuhan hewan kurban di wilayah masing-masing,"ujar Kadisnak Kuansing, Masri As saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (18/9) kemaren di Teluk Kuantan.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut menurut Masri otomatis tidak akan tercukupi oleh stok yang ada di Kuansing, oleh sebab itu dipastikan untuk memenuhinya para pedagang akan memasok ternak dari luar Kuansing seperti dari Sumatra Barat, Pekanbaru dan Sumatra Selatan.

"Kalau tahun dulu para pedagang ini ada yang memasok dari Sumsel, tahun ini kita perkirakan juga demikian,"ungkapnya.

Menurut Masri, dari 2500an ekor kebutuhan ini paling bisa terpenuhi oleh stok lokal sebanyak 60 persen."Jadi kita perkirakan sekitar 40 persen didatangkan dari luar daerah,"ujarnya.

Namun demikian, Masri secara yakin kebutuhan hewan kurban untuk tahun ini akan tercukupi, meskipun harus mendatangkan dari luar daerah."Untuk itu kita terus melakukan pendataan kebutuhan masyarakat terkait hewan kurban ini,"pungkasnya.( pen  )


Baca Berita Lainnya
Tulis Komentar
comments powered by Disqus