Soal Domisi KTP Pelamar Belum Tuntas, Penerimaan CPNS Terundur

Soal Domisi KTP Pelamar Belum Tuntas, Penerimaan CPNS Terundur
Ilustrasi. ( ktc )

TELUK KUANTAN - Jadwal penerimaan CPNS yang sebelumnya akan dimulai tanggal 23 September tampaknya bakal terundur lagi. Pasalnya, hasil pertemuan Kepala BKD Riau dan BKD kabupaten dan kota  se-Riau, Selasa ( 18/9 ) kemaren masih menunggu persetujuan dari MenPAN RI soal domisili KTP pelamar dan juga kartu kuning yang akan dilengkapi pelamar dalam persyaratan saat mengajukan lamaran.
Hal tersebut dikatakan Sekda Kuansing, Drs H Muharman, M.Pd saat dikonfirmasi hasil pertemuan Pemprov Riau dan Pemkab dan Pemkot se-Riau yang membahas soal tersebut, Rabu ( 18/9 ) sore.
Menurutnya salah satu butir kesepakatan yang dicapai dalam rapat itu, seluruh pelamar CPNS nantinya menggunakan kartu tanda penduduk ( KTP ) Riau, begitu juga dengan kartu kuning juga berasal dari Riau.
" Jadi itu salah satu butir kesepakatan kemaren. Jadi kalau punya KTP yang diterbitkan disalah kabupaten dan kota di Riau boleh mengajukan lamaran di seluruh kabupaten dan kota di Riau yang membuka testing penerimaan CPNS, begitu juga dengan kartu kuning. Yang mengurus kartu kuning di Meranti dapat ikut serta di Kuansing,"ujarnya.
Hanya saja ujarnya, berdasarkan pedoman dari Kementrian PAN dan RB penerimaan CPNS berlaku secara nasional, sehingga pelamar dari daerah lain di luar Riau sebenarnya juga bisa ikut serta di Riau. Namun kesepakatan ini diambil untuk memberikan kesempatan kepada putra-putri Riau bersaing dalam testing ini.
" Karena itu sebelum diterapkan, hasil rapat diajukan dulu ke MenPAN RI. Surat tersebut dibuat oleh BADP Riau. Kalau diperbolehkan akan diterapkan,"ujarnya.
Dengan demikian ujar Muharman, diperkirakan jadwal penerimaan berkas lamaran yang seharusnya dimulai tanggal 23 September sampai dengan 1 Oktober dan pengumuman hasil seleksi berkas lamaran 7 Oktober akan terundur.
" Karena Pemprov dan kabupaten kota menunggu persetujuan MenPAN soal domisili KTP yang diusulkan Pemprovv Riau bersama kabupaten dan kota di Riau,'pungkasnya. ( isa )

Berita Lainnya

Index