Keluarga JCH saat mengantar keluarga mereka di Mesjid Agung. ( ktc )

Mayoritas JCH Kuansing PNS, Tertua Asal Cerenti Berumur 81 Tahun

Rabu,18 September 2013 - 05:38:00 WIB
Share Tweet Google +


TELUK KUANTAN - Dari 153 orang jemaah calon haji ( JCH ) asal Kuansing yang berangkat ke tanah suci Mekah, sebagian besar berprofesi sebagai pegawai negeri sipil ( PNS ).
Hal tersebut dikatakan Kepala Kantor Kementrian Agama RI Kuansing,  H Erizon Efendi SAg disela-sela pelepasan JCH asal Kuansing oleh Bupati H Sukarmis, di Mesjid Agung, Rabu ( 18/9 ) pagi.
Menurut Efrizon, dari 153 JCH itu, yang berprofesi sebagai PNS sebanyak 46 orang, disusul Ibu Rumah Tangga (IRT) sebanyak 33 orang  dan Pekerja Swasta sebanyak 30 jamaah.
" Sedangkan dari kalangan petani hanya berjumlah 27 orang, Pensiunan PNS 10 orang  dan Pedagang sebanyak 6 orang,"bebernya.

Sedangkan JCH tertua bebernya berasal dari kecamatan Cerenti atas nama  Rusna Binti Muhammad Sani dari Cerenti yang berumur 81 tahun. Sedangkan termuda Afnidar Binti Slamet berusia 33 tahun asal  asal kecamatan Logas Tanah Darat.

Menurutnya, setelah berangkat dari Kuansing, seluruh JCH akan menginap semalam di Pekanbaru yakni di Hotel Labersa. Kamis ( 19/9 ) JCH kemudian bertolak ke Batam menggunakan pesawat Sriwijaya Air. Setelah itu dengan dilepas Bupati dan pejabat lainnya, mereka akan berangkat ke tanah suci memenuhi panggilan Allah.

Sementara itu saat melepas JCH, Bupati Sukarmis berpesan agar para JCH ini memiliki niat yang baik, hati yang bersih. Sehingga dalam melaksanakan ibadah haji nantinya bisa khusyuk. Lalu, sesama jamaah diharapkan saling tolong-menolong dan saling kasih mengasihi.

"Dalam melaksanakan ibadah, sucikan hati, hilangkan rasa iri, rasa sombong. Makanya, sebelum melangkah menunaikan ibadah ini sesama kita harus sudah salin memaafkan, dan semuanya dalam keadaan bersih, karena untuk menghadap Allah SWT kita harus suci, dan semoga menjadi Haji yang mabrur sekembalinya ke kampung halaman, pungkas Bupati.( isa )

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT