Jet F-16 Turki Tembak Jatuh Helikopter Militer Suriah

Jet F-16 Turki Tembak Jatuh Helikopter Militer Suriah
Pesawat Jet F-16 (REUTERS/USAF/Staff Sgt. Greg L. Davis/Handout/Files)

JAKARTA - Jet tempur F-16 milik Turki telah menembak jatuh helikopter militer Mi-17 milik Suriah yang menerobos wilayah perbatasan. Menurut militer Turki, mereka telah memperingatkan helikopter tersebut untuk menjauh, namun tidak dihiraukan.

Diberitakan New York Times, peristiwa ini terjadi pada Senin, 16 September 2013, di dekat perbatasan kedua negara. Menurut laporan militer Turki, helikopter Suriah itu memasuki wilayah mereka melalui kota Yayladagi di provinsi Idlib pada pukul 1:41 siang.

Peringatan terus disampaikan kepada pilot helikopter tersebut yang sudah masuk sejauh 26 mil laut ke wilayah Turki. Akhirnya, Turki mengirimkan jet F-16 untuk melakukan eksekusi. Tembakan dilepaskan, helikopter jatuh dihantam roket.

Wakil Perdana Menteri Bulent Arinc di Ankara, Senin sore, mengatakan bahwa mereka tidak tahu soal nasib kru helikopter buatan Rusia itu. Menteri Luar Negeri Turk,i Ahmet Davutoglu, mengatakan, tidak boleh ada yang menerobos perbatasan Turki.

"Tidak ada satu pun, mulai dari sekarang, yang berani melanggar perbatasan Turki dengan cara apa pun," kata Davutoglu, kepada kantor berita Anatolian.

Menurut Komando Militer Suriah, helikopter itu tidak sengaja masuk ke Turki dalam sebuah misi mata-mata. Mereka mengatakan, Turki telah melakukan langkah yang ceroboh. Militer Suriah menegaskan, ini adalah bukti bahwa pemerintahan Recep Tayyip Erdogan mencoba memicu ketegangan dengan Suriah di perbatasan.

Sebelumnya, Turki menghindari aksi militer unilateral terhadap Suriah. Di antaranya ketika pesawat Turki ditembak jatuh Suriah pada Juni 2012 dan peluru nyasar yang menewaskan lima warga Turki di desa perbatasan. Selain itu, Turki juga tidak membalas saat terjadi dua bom mobil meledak di kota Reyhanli, yang diduga dilakukan oleh warga mereka yang didukung intelijen Suriah.

Namun, sikap lunak Turki ini berubah ketika Erdogan menjadi pemimpin dunia pertama yang menyerukan digulingkannya Bashar al-Assad di Suriah. Erdogan juga menyatakan dukungan penuhnya pada mujahidin Suriah serta menyerukan intervensi militer internasional ke Suriah.

Ini bukan kali pertama pesawat tempur Suriah dijatuhkan. Pada hari yang sama, sebuah kelompok pejuang Suriah mengklaim telah menembak jatuh jet tempur MIG-21 milik rezim Assad. Dalam video yang mereka unggah, terlihat bola api di udara, dan sebuah parasut yang menuju darat.

Menurut salah seorang mujahidin, sebuah kelompok brigade jihad yang lain berhasil menangkap pilotnya dan memenggal kepalanya.( sumber : vivanews.com )

Berita Lainnya

Index