Riau Akan Bangun Fly Over di Perempatan SKA, Dinas PU Sudah Siapkan Desainnya

Riau Akan Bangun Fly Over di Perempatan SKA, Dinas PU Sudah Siapkan Desainnya
Desain Fly Over kriteria II yang akan dibangun Pemprov Riau di perempatan SKA . ( fhoto : goriau.co

PEKANBARU - Pemerintah Provinsi Riau melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) kembali menggagas untuk membangun Fly Over di perempatan SKA. Pasalnya, volume kendraan yang melintas di jalan Nangka-Sukarno Hatta sudah melebihi kapasitas. Akibatnya, persimpangan tersebut selalu dilanda kemacetan.


Untuk memperlancar arus kendraan tersebut, Dinas PU Riau sudah mempersiapkan desain Fly Over yang akan dibangun.


Dalam keterangannya, SF Hariyanto kepada awak media di Kantornya, Selasa (17/9/2013), Dinas PU sudah mempunyai dua kriteria yang didesain oleh PT. Desain Cipta Indonesia. Desain pertama, Fly Over akan dibangun di Jalan Soekarno Hatta, melintasi jalan Tuanku Tambusai atau lebih dikenal dengan Jalan Nangka.


Sedangkan kriteria kedua, Fly Over akan dibangun dari kedua jalan tersebut. Dari rancangan tersebut, terlihat ada Fly Over bertingkat. Jika pengendara dari arah Pasar Pagi Arengka menuju Jalan Riau, maka akan melewati Fly Over tingkat pertama.


Namun, jika pengendara menuju jalan Tuanku Tambusai dari arah Pasar Pagi Arengka, maka akan melewati jalur Fly Over diatasnya. Begitu juga halnya dengan pengendara yang berasal dari Jalan Riau menuju ke Tugu Songket, maka akan melewati Jalur tingkat kedua.


Fly Over tingkat kedua tersebut setinggi 13 meter diatas permukaan tanah. Namun antara kedua jalur tersebut terpisah. Bentuknya seperti leter 'L'.


"Fly Over ini sangat penting untuk mengatasi kemacetan yang setiap hari terjadi di perempatan SKA," tegas SF Hariyanto. Ia juga mengatakan, pembangunan Fly Over tersebut sudah dinilai layak berdasarkan undang-undang.


Hariyanto menambahkan, pembangunan Fly Over tersebut sangat tergantung dengan siapa Gubernur Riau selanjutnya. "Selain Gubernur, kami minta Pemko Pekanbaru turut mendukung realisasi program ini," tutupnya.( sumber : goriau.com )

Berita Lainnya

Index