ilustrasi. ( ktc )

Tak Punya SIM, Disdik Kuansing Larang Siswa Bawa Kenderaan

Rabu,17 September 2013 - 12:43:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...


TELUK KUANTAN  – Maraknya kecelakaan lalu lintas ( Lakalantas ) termasuk yang menimpa putra penyanyi kondang Ahmad Dhani di jalan raya yang sampai merenggut jiwa orang lain, membuat Dinas Pendidikan ( Disdik ) Kuansing prihatin dan melarang para siswa membawa kenderaan ke sekolah terutama mereka yang belum memiliki surat izin mengemudi ( SIM ).

Larangan tersebut juga untuk meneruskan himbauan  Mendikbud Republik Indonesia Muhammad Nuh kepada seluruh Dinas Pendidikan se Indoensia untuk melarang siswa agar tidak membawa kenderaan ke sekolah, apalagi jika tidak memiliki SIM.

 
Hal tersebut dikatakan Kadisdik Kuansing, Drs. H. Alwis, M.Si melalui Kabid Menum Menjur, Drs. H. Yuli Hermanto, MM kepada yang dimintai tanggapannya oleh wartawan, Senin ( 16/9 ) kemaren. Menurutnya, jika mengacu pada Undang-Undang yang ada, maka siswa tidak dibenarkan membawa kenderaan, apabila memang tidak memiliki SIM.

 
Oleh karena itu, katanya, maka siswa tidak dibenarkan membawa kenderaan ke sekolah apalagi bagi yang tidak memiliki SIM  dan jika terjadi kecelakaan lalu lintas dan sampai memakan korban jiwa tentunya akan sangat sulit.

 

" Ini kita mengacu pada Undang-Undang yang ada, oleh karena itu jangan terlalu mengada-ada, apalgi memang bagi siswa yang tidak punya SIM maka tidak dibolehkan membawa kenderaan ke sekolah," ujarnya.

Sebab, untuk membawa kenderaan sepeda motor atau sejenisnya, harus dilengkapi terlebih surat menyurat, seperti sim dan STNK agar merasa aman dalam perjalanan dan jika tidak dilengkapi hal tersebut, sudah barang tentu sangat bertentangan dengan undang-undang lalu lintas,' jelasnya.

 

" Makanya Disdik Kuansing menghimbau kepada para siswa dan majlis guru, agar tidak membenarkan para siswa untuk membawa kenderaan ke sekolah, apalagi sampai para siswa tersebut tidak memiliki sim," ujarnya.

 

Bahkan kepada majlis guru dan orang tua wali murid, ujarnya Disdik berpesan, agar dapat mengingatkan para siswa untuk tidak membawa kenderaan ke sekolah, apalagi bagi yang tidak memiliki sim, karena akan dapat membahayakan jiwa sendiri dan juga orang lain,”pungkasnya. ( mad )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT