Riset: Wanita Lebih Sering Kecelakaan daripada Pria Saat Mengendarai Mobil

Riset: Wanita Lebih Sering Kecelakaan daripada Pria Saat Mengendarai Mobil
Dok. Thinkstock

JAKARTA - Akhir-akhir ini kecelakaan mobil sering memakan korban jiwa. Tidak hanya pria, wanita juga kerapkali mengalami kecelakaan karena berbagai faktor. Menurut survei terbaru, ternyata wanita lebih sering mengalami kecelakaan daripada pria saat mengendarai mobil.

Dua peneliti dari Insurance Institute for Highway Safety, Susan Ferguson dan Kelly Brightman, mengungkapkan bahwa wanita memiliki 12 persen lebih sering mengalami kecelakaan daripada pria. Data itu didapatkan dari statistik kecelakaan yang terjadi di Amerika.

Penelitian lain yang dilakukan oleh ilmuwan asal Swedia, Bertil Jonsson, menunjukkan bahwa wanita mengalami risiko tiga kali lebih besar terkena cedera leher saat kecelakaan dibandingkan pria. Akan tetapi, jumlah kecelakaan mobil yang dikendarai oleh wanita tiga kali lebih kecil menyebabkan kematian daripada yang dialami pria. Hal ini bisa diakibatkan oleh faktor-faktor berikut:

1. Pria menggunakan sabuk pengaman dan tidak jarang dari mereka yang mengemudi sambil mabuk
2. Pria lebih mungkin mengendarai mobil dengan kecepatan tinggi
3. Pria percaya bahwa mereka lebih baik berkendara daripada wanita

Seperti yang dikutip dari Genius Beauty, data di atas juga menungkapkan bahwa pria lebih agresif saat berkendara. Berbeda dengan wanita yang lebih hati-hati tapi mempunyai tingkat kecemasan yang cukup tinggi sehingga angka kecelakaannya lebih sering walaupun tidak sampai menyebabkan kematian.( sumber : detik.com )

Berita Lainnya

Index