56 Ekor Sapi Bali Segera Diberikan Kepada Warga Kuansing

56 Ekor Sapi Bali Segera Diberikan Kepada Warga Kuansing
Sapi Bali. ( ktc )

TELUK KUANTAN  - 56 ekor sapi  jenis sapi Bali akan segera disalurkan Dinas Peternakan ( Disnak ) Kuansing. 56 ekor sapi Bali tersebut akan idterima dua kelompok tani (Koptan) yang ada di Desa Pulau Kopuang dan desa Pulau Komang, Kecamatan Sentajo Raya.

"Sekarang dua kelompok tani ini sedang mengikuti pelatihan selama dua hari yang dimulai Selasa dan Rabu  di Desa Pulau Kopuang," ujar Kadis Peternakan Kuansing, Masri AS SP MSi kepada wartawan, Selasa (10/9) lalu.

Masing-masing Koptan  akan menerima bantuan sapi sebanyak 28 ekor. Menurut Masri, seusai pelatihan, maka bantuan spai tersebut segera diterima maisng-masing Koptan. Pasalnya, sebelum mereka menerima, penerima diberikan teknis pemeliharaan dan pertanggungjawaban terhadap ternak tersebut.

Program bantuan sapi ini, ujarnya  merupakan bantuan dari Pemerintah Pusat melalui dana APBN 2013 yang diperuntukkan bagi kelompok tani yang selama ini mengusulkan. "Sapi ini bantuan dari pusat yang didapat dengan cara diusulkan oleh kelompok tersebut," katanya.

Sebelum sapi diserahkan, kelompok yang akan menerimanya terlebih dahulu mengikuti pelatihan. "Biasanya kalau sudah dilakukan pelatihan, itu sudah dipastikan dapat bantuan tersebut," katanya lagi.

Dengan bantuan sapi ini, Masri tentunya sangat berharap kepada Koptan  yang memperoleh bantuan ini supaya memanfaatkannya untuk kebutuhan masa depan. "Sapi memang belum kita serahkan, mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah diterima oleh masing-masing kelompok," harap Masri.

Selain itu, bantuan pemerintah berupa sapi ini hendaknya juga tetap dipelihara agar berkembang untuk kesejahteraan dan kebutuhan keluarga. "Sapi punya prospek ekonomi yang sangat bagus, maka peliharalah sapi ini supaya bisa berkembang untuk meningkatkan kebutuhan ekonomi keluarga," jelasnya lagi.( yus )

Berita Lainnya

Index