Portal Online Kebanggaan Masyarakat Kuansing

Jika Pilgub 2 Putaran, Sukarmis Bakal All Out Dukung Calon nya

Jumat,12 September 2013 | 07:59:00   Dibaca: 2625 kali
Jika Pilgub 2 Putaran, Sukarmis Bakal All Out Dukung Calon nya
Ket Foto : Sukarmis saat memberikan hak suara pada Pilgub 4 September lalu. ( ktc )

TELUK KUANTAN - Jika pelaksanaan Pilgubri berlangsung dua putaran, Ketua DPD Partai Golkar Kuansing, H Sukarmis tampaknya bakal all out atau habis-habisan mendukung calon yang Ia dukung agar dapat menang menjadi Gubernur Riau dan Wakil Gubernur Riau periode 2013-2018. Pilgub dua putaran atau tidak yang pasti akan ditentukan setelah KPU Riau melaksanakan pleno 16 September mendatang.

Sikap tegas tersebut disampaikan Sukarmis yang juga Bupati Kuansing disela-sela pelantikan Kades Kopah Kecamatan Kuantan Tengah, Rabu ( 11/9 ) yang lalu.

Menurut Sukarmis tampaknya Pilgubri bisa saja belum selesai ( terjadi dua putaran ).Karena itu para pendukungnya termasuk di Kenegerian Kopah yang terdapat 6 desa untuk bersama-sama dirinya jika terjadi Pilgub dua putaran tersebut.

" Mau ndak bapak-bapak mengikut Saya nanti,"ujar Sukarmis pendek tanpa menyebut nama calon yang akan didukungnya yang disambut antusias warga setempat.

Walaupun tidak menyebut nama secara tegas, namun tampaknya Sukarmis akan all out mendukung Anas Ma'amun dan Andi Rachman yang didukung Partai Golkar tempatnya bernaung selama ini. Apalagi sejak Pilgub dirinya tampak berbeda pilihan dengan Wabup Zulkifli yang mendukung Herman Abdullah.

Sikap tegas Sukarmis mendukung Anas Ma'amun - Andi Rachman jika terjadi  putaran kedua tampaknya bakal menguntungkan Anas Ma'amun - Andi Rachman. Pasalnya suara pendukungnya masih solid dan cukup kuat di Kuansing. Walaupun Herman Abdullah - Agus Widayat unggul di Kuansing, namun jika digabung suara pendukungnya yang terpecah ke Anas Ma'amun dan Achmad, selisihnya relatif kecil 4.147 suara.

Sudah jamak terdengar, dalam Pilgub 4 September lalu, suara pendukung Sukarmis terpecah ke dua kandidat masing-masing Achmad dan Anas Ma'amun. Jika dilihat dari hasil rekapitulasi suara yang sudah dilakukan 15  PPK, pasangan Herman Abdullah - Agus Widayat mendapat suara lebih kurang sebanyak 57.689 suara. Sementara suara pendukung Sukarmis yang terpecah ke Anas Ma'amun dan Achmad berjumlah 53.515. Achmad mendapat suara 36533 dan Anas mendapat suara 16.982.

Selain itu dengan mesin politik yang akan full time digerakkannya akan mendulang suara signifkan bagi Anas Ma'amun - Andi Rachman. Apalagi jika memang terjadi Pilgub dua putaran, pertarungan head to head antara Anas dan Herman tak membuka ruang gerak pengurus Parpol pendukung masing-masing calon untuk bermain di dua kaki. Walaupun pasca Pilgubri 4 September lalu hingga saat ini belum tampak  polarisasi dukungan calon-calon beserta Parpol pendukung yang kalah untuk memberikan dukungan ke Anas maupun Herman. Namun masing-masing Parpol tentu saja berkepentingan memenangkan kandidat mereka untuk menguasai birokrasi di Riau untuk mengelola kebijakan dan pendanaan. Karena itu kader-kader mereka juga akan dipantau oleh masing-masing Parpol.

Namun demikian jika memang terjadi Pilgub dua putaran, pendukung Herman Abdullah - Agus Widayat yang dimotori Wabup Zulkifli tentu juga akan bekerja keras memenangkan calon mereka yang terbukti pada Pilgub 4 September lalu. Apalagi Anas dan Herman memandang walaupun pemilih di Kuansing cukup kecil, namun suara Kuansing  akan sangat menentukan kemenangan Cagubri jika memang terjadi dua putaran.

Sebab kawasan Riau Pesisir seperti  Rohil, Dumai, Bengkalis, Sial, Meranti dan Pelalawan akan dikuasai kubu Anas, sementara Herman Abdullah akan menguasai Kampar dan Pekanbaru. Karena itu suara Rohul, Kuansing, Inhu dan Inhil akan sangat menentukan.

Melihat polarisasi dukungan di Kuansing, jika memang terjadi dua putaran antara Anas dan Herman, pemenangnya pun tidak akan mayoritas melainkan selisih tipis, kecuali masing-masing tim pemenangan nanti benar-benar bekerja keras dan maksimal mendulang suara masyarakat.( isa )


Baca Berita Lainnya
Tulis Komentar
comments powered by Disqus
.