Pertanda Apakah Ini, Ada Anak Kambing Berwajah Babi

Pertanda Apakah Ini, Ada Anak Kambing Berwajah Babi
Kucing berkepala babi di Semarang. ( grc )


SEMARANG - Seekor anak kambing yang baru lahir bikin heboh Dusun Dempel, Desa Sanggrahan Kecamatan Kranggan Temanggung. Soalnya, hewan ini tak seperti layaknya anak kambing biasanya. Kepala dan wajahnya mirip dengan babi.
Keanehan lain, anak kambing berwajah mirip babi itu tubuhnya tak memiliki tulang dan kaki. Karena kondisinya yang tak normal tersebut, anak kambing ini akhirnya mati tak lama setelah lahir.
Melihat keanehan tersebut, warga setempat sempat bertanya-tanya fenomena dan pertanda apakah dengan kelahiran kambing yang tak langka ini?
Dokter hewan di Klinik Hewan Kasih Satwa, Semarang, drh Trias Permatasari mengatakan, anak kambing berwajah mirip babi ini bukanlah hal yang aneh. Secara kedokteran hal itu bisa saja terjadi karena banyak faktor. Diantaranya karena faktor gen, faktor gizi, dan sel telur yang gagal.
Menurutnya, anak hewan dalam hal ini kambing akan lahir abnormal jika di antara faktor tersebut tidak terpenuhi dengan baik.
''Kalau menurut pendapat kami, ini bisa saja terjadi karena banyak faktor.  Diantaranya ada kelainan gen, kurang gizi, sel telurnya dua dan gagal lahir kembar siam, sehingga terlahir berbentuk aneh seperti itu,'' jelasnya.
Dokter muda alumni FK UGM ini melihat keunikan dan langka ini bisa terjadi sewaktu-waktu. Namun baru ini terjadi ada anak kambing lahir dengan wajah mirip babi. Dengan warga kulit putih tanpa bulu, tanpa tulang dan tanpa kaki. Bentuk wajah dan hidung mirip babi dengan lidah menjulur. Tanpa mata dan kuping.
Faktor lain, katanya, juga bisa dari sang kambing betina kekurangan nutrisi tertentu dan zat besi. Dipastikan anak kambing yang lahir tidak normal akan mati karena organ tubuhnya tidak sempurna.
''Hewan-hewan yang terlahir unik dan aneh sewaktu-waktu bisa terjadi di mana pun kalau Allah SWT menghendaki demikian. Namun hidup hewan tersebut tidak akan terjadi lama,'' ujarnya.
Jika anak hewan terlahir tidak sempurna dipastikan pada jantung dan paru-paru juga tidak sempurna.
''Kami juga tidak bisa melihat secara jelas apakah di dalamnya ada kerusakan pada organ tubuhnya. Kalau ingin mengetahui tentunya harus diotopsi,'' cetusnya.
Dikatakan dengan lahirnya anak kambing yang aneh milik Rumadi warga Temanggung masyarakat diimbau tidak terlalu berpolemik lebih dalam dan mengada-ada. Mungkin karena jarang terjadi saja membuat warga menganggap aneh.
''Kami tambahkan juga, normalnya anak kambing lahir antara 3-4 bulan dan dimungkinkan kelahiran anak kambing milik Rumadi bisa saja tidak sampai bulan yang ditentukan,'' pungkasnya.( sumber : goriau.com )

Berita Lainnya

Index