Disbun Kuansing Usulkan Anggaran Rp 8 Miliar Pada APBN 2014

Disbun Kuansing Usulkan Anggaran Rp 8 Miliar Pada APBN 2014
Salah satu jalan produksi yang dibangun Disbun Kuansing. ( kg/ktc )

TELUK KUANTAN - Dinas Perkebunan Kuansing, mengusulkan anggaran sebesar Rp 8 miliar ke Kementerian Pertanian untuk pengembangan perkebunan daerah.
“permohonan bantuan anggaran pada Direktorat Jenderal Perkebunan, Direktorat Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian serta Direktorat Jenderal Sarana dan Prasarana Pertanian berupa e-proposal ini sudah kita usulkan dan disampaikan ke masing-masing Direktorat Lingkup Kementerian Pertanian Republik Indonesia,” ujar Kadis Perkebunan Kuansing, H Wariman. DW, SP melalui Sekretaris Miswadi, SP., M.Si, beberapa waktu lalu.

Miswadi berharap usulan ini bisa masuk dalam kegiatan Kementerian Pertanian RI pada APBN Murni 2014. Dalam usulan proposal yang sudah disampaikan Disbun Kuansing, akan diperuntukkan bagi masyarakat petani yang sudah beberapa kali mengusulkan pada saat musrenbang kecamatan. Namun dikarenakan keterbatasan dana APBD maka Dinas Perkebunan terus berupaya melakukan terobosan mencari dana dari APBN.

Sementara itu Kasubbag Program Raja Rafli menyampaikan bahwa anggaran yang diusulkan pada ketiga direktorat tersebut sebesar Rp 8 miliar dengan rincian masing Ditjen Perkebunan: Rp. 5 Milyar untuk pengendlian OPT tanaman karet, peremajaan karet dan penanganan pasca panen, Ditjen PSP  Rp. 2,2 Milyar untuk optimasi lahan, jalan pertanian dan perluasan areal perkebunan serta Ditjen P2HP Rp. 965 juta dalam rangka pengembangan bokar bersih.  

Menurut Rafli, jika permintaan dan harapan Pemkab. Kuantan Singingi melalui Dinas Perkebunan ini dikabulkan atau direalisasikan melalui alokasi APBN 2014, maka ke depan tentunya pertumbuhan ekonomi di Kuansing  bakal mengalami peningkatan.

Ini semua dilakukan untuk peningkatan ekonomi masyarakat Kuansing. “Sektor perkebunan adalah sektor yang potensial untuk meningkatkan perekonomian masyarakat ini,” ujarnya ( isa/kg )

Berita Lainnya

Index