Baliho Anas Ma'amu - Andi Rachmanyang masih terpampang di dekat STM Teluk Kuantan. ( kt c )

Masang Mau, Cabut Nggak Mau, Atribut Cagubri Masih Bertebaran

Senin,01 September 2013 - 06:50:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUK KUANTAN - Memasuki hari pertama masa tenang pasca kampanye Pilgubri, Minggu ( 1/9 ), atribut kampanye hampir seluruh pasangan Cagubri dan Cawagubri di Kuansing masih terlihat dij alanan dan dilokasi-lokasi strategis, baik di ibu kota kabupaten, kecamatan hingga ketingkat desa dan kelurahan di Kuansing.
Seperti di Kota Teluk Kuantan, atribut kampanye seluruh pasangan Cagubri-Cawagubri mulai dari Herman Abdullah - Agus Widayat, Anas Ma'amun Arsyadyuliandi Rachman, Lukman Edy - Suryadi Khusaini, Achmad - Masrul Kasmy dan Jon Erizal - Mambang Mit, baik dalam baliho besar seperti dalam bentuk tiang maupun baliho ukuran kecil masih terpajang di jalanan dan dinding rumah warga dan bangunan-bangunan lainnya.
Kondisi tersebut tentu saja menimbulkan pertanyaan warga soal kinerja Panwas dan KPU soal keberadaan alat-alat peraga kampanye yang seharusnya sudah bersih di lapangan." Masang cepat, membongkar ndak mau,"ujar salah seorang warga.
Menanggapi hal ini, Ketua Panwaslu Kuansing, Alpias, ST melalui salah seorang anggota, Ahdanan Saleh, S.Ag, M.Ag, Minggu ( 1/9) siang, mengakui hingga Minggu sore masih banyak atribut kampanye pasangan calon terpampang di berbagai lokasi.
Hanya saja sekedar diketahui, ujar Ahdanan, sesuai peraturan KPU dan petunjuk teknis pengawasan Pemilu, pada hari pertama massa tenang, penertiban atribut kampanye diserahkan kepada masing-masing tim pemenangan pasangan calon." Jadi sejak Minggu dini hari, sebenarnya kewajiban tim pemenangan atau tim sukses untuk menertibkannya,"ujar Ahdanan.
Bahkan terkait kewajiban tim pemenangan menertibkan atribut kampanye di hari pertama massa tenang, Panwaslu Kuansing sebutnya, sudah sejak lama menyurati masing-masing tim pemenangan. " Saya kira mereka sudah faham dan tahu soal itu,"ujar Ahdanan.
Lepas hari pertama massa tenang ujarnya, menjadi kewajiban Panwaslu dibantu KPU dan Satpol PP untuk menertibkannya. Karena itu mulai Senin ( 2/9 ) dinihari , Panwaslu bersama fihak-fihak terkait akan terjun kelapangan membersihkan atribut kampanye.
" Tetapi diingat yang akan mengeksekusi atribut sesuai aturan yakni Satpol PP, KPU dan Panwaslu akan mendampingi,harusnya tiga hari sebelum pencoblosan seluruh atribut kampanye sudah bersih,"ujarnya.
Karena atribut kampanye begitu banyak diseluruh Kuansing ujarnya, untuk memudahkan pekerjaan di lapangan, seluruh anggota Panwaslu mulai dari kabupaten, kecamatan hingga desa akan diikutsertakan.
Menurut pemantauannya, Minggu sore sebenarnya sebagian atribut kampanye sudah ditertibkan oleh tim pemenangan. Hanya saja karena atribut demikian banyak, belum dituntaskan seluruhnya.( isa  )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT