Portal Online Kebanggaan Masyarakat Kuansing

Studi: Keuangan Menipis, Tingkat IQ Melorot

Minggu,01 September 2013 | 05:10:00   Dibaca: 1211 kali
Studi: Keuangan Menipis, Tingkat IQ Melorot
Ket Foto : Ilustrasi. ( prc )

PEKANBARU - TINGKAT IQ seseorang biasanya ditentukan dari seberapa sering ia melatih otaknya untuk berpikir. Juga makanan apa yang dikonsunsumsi. Namun sebuah penelitian terbaru mengungkapkan bahwa saat kekurangan uang, tingkat IQ seseorang juga bisa menurun. Bahkan bisa turun 13 poin.

Hal ini mengakibatkan orang-orang yang memiliki penghasilan terbatas, seringkali membuat keputusan yang buruk. Salah satunya adalah berhutang, yang pada akhirnya akan menambah keterpurukan kondisi finansial mereka.

Sebaliknya saat mereka tidak lagi mengalami masalah finansial, tingkat kepintaran mereka akan kembali ke level yang sama. Ketika mereka masih memiliki banyak uang.

Dengan kata lain, rendahnya IQ bukan penyebab utama seseorang memiliki gaji kecil. Tetapi kondisi keuanganlah yang memperburuk keadaan dan membuat mereka menjadi tidak pandai.

"Bukan berarti orang miskin tidak pandai. Yang ingin kami perlihatkan adalah orang yang sedang jatuh miskin akan mengalami penurunan kemampuan kognitif. Tetapi akan kembali normal jika kondisi finansial kembali membaik," ujar peneliti yang juga pakar ekonomi Harvard University, Sendhil Mullainathan seperti dikutip Daily Mail.

Sendhil juga menyatakan bahwa individu yang memiliki masalah finansial, sama dengan sebuah komputer yang kinerjanya melambat karena dipaksa melakukan lebih dari satu fungsi sekaliguS. ( sumber : politikriau.com )



Baca Berita Lainnya
Tulis Komentar
comments powered by Disqus
.