Ilustrasi. ( ktc )

LAM Kritik Besarnya Alokasi APBD Riau untuk Belanja Pegawai

Jumat,29 Agustus 2013 - 08:30:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...




PEKANBARU-APBD Riau yang dalam 10 tahun belakangan ini berjumlah Rp 55 triliun, sebagian besar digunakan untuk belanja pegawai. hanya 30 persen untuk belanja modal. Kondisi tersebut belum terasa kinerja kolektif dan sinergisnya.

Padahal, tambah salah satu pembicara Sembang Petang bertajuk Mengemas Kehidupan Riau Esok yang ditaja LAM Riau, Feisal Qamar Karim Kamis (29/8/13), fungsi APBD adalah untuk menstimulan tumbuhnya kegiatan perekonomian yang bermuara pada pendapatan domestik regional bruto yang meningkat.

"Perlu adanya aspek pengendalian pemanfaatan sumberdaya alam dan pengelolaan administrasi keuangan daerah. Secara logis perlu adanya pembenahan terhadap hal-hal seperti itu," terangnya.

Hal senada dikatakan Akademisi UIR, Agusnimar. Menurutnya, kondisi Riau saat ini menunjukkan adanya kesenjangan pada sumber daya insani dengan sumber daya alam. Kondisi tersebut tercipta karena rendahnya komitment pemerintah dalam upaya menningkatkan sumber daya insani.

"Hal itu membuat ketidak mampuan Sumber Daya Insani Riau tidak mampu untuk mengikuti perubahan dan perkembangan Riau pada masa terkini," terangnya.

Sembang Petang LAM
Sembang Petang, menurut Ketua Umum Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau, Al Azhar sesuai dengan adat kemelayuan adalah merupakan diskusi yang dilakukan banyak orang untuk menghasilkan sebuah pikiran yang akan diserahkan kepada pemimpin untuk dilaksanakan. Sembang petang biasanya dilakukan pada waktu menunggu masuknya waktu Ashar.

Jika dikaitkan dengan adanya pergantian pimpinan khususnya di wilayah Riau, hasil diskusi yang ditaja LAM dalam Sembang Petang yang bertajuk 'meneroka cabaran untuk hari esok' diharapkan dapat dilaksanakan dalam program kerja pimpinan Riau mendatang.

"Namun pada intinya, diskusi Sembang Petang ini adalah mengacu kepada terwujudnya Riau menjadi pusat ekonomi dan kebudayaan dalam kerangka nilai-nilai yang agamis," terang Al Azhar.( sumber : riauterkini.com )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT