Bandel dan Rusak Lingkungan, Warga Usir Para Pelaku PETI

Bandel dan Rusak Lingkungan, Warga Usir Para Pelaku PETI
Kapal Peti di Seberang Taluk dan Sawah yang diusir warga. ( ktc )

TELUK KUANTAN - Pelaku Penambang Emas Tanpa Izin (PETI) yang beraktifitas disepanjang sungai Kuantan tepatnya di Desa Seberang Taluk Hilir dan Desa Sawah, Kamis (29/8) kena batunya.Kamis siang mereka diusir warga. Warga marah karena aktifitas mereka sudah dianggap merusak lingkungan yang ada disekitar kawasan tersebut.

Warga dibantu pihak kepolisian dari Polsek Kuantan Tengah dan anggota Koramil,  puluhan pemilik kapal dompeng tersebut diminta untuk membongkar rakit-rakit mereka.

"Tadi masyarakat duluan sampai ke lokasi sehingga ada sekitar dua unit rakit yang dibakar, agar tidak terjadi keributan antara masyarakat dengan pelaku, maka kita minta para pelaku ini untuk membongkar rakit mereka masing-masing,"ujar Kapolsek Kuantan Tengah, Kompol J.E Manurung kepada wartawan, Kamis siang.

Menurut Kapolsek, mereka masih memberikan toleransi kepada para pelaku ini untuk membongkar kapal dompeng miliknya masing-masing guna meredam situasi di lapanga.

"Ini akan terus kita pantau, kalau memang tidak diindahkan dan mereka masih beroperasi, maka kita bersama tim terpadu dari Pemkab Kuansing akan melakukan tindakan tegas,"terangnya lagi.

Camat Kuantan Tengah, Akhyan Armofis mengatakan pihaknya sejak jauh-jauh hari terus memberikan imbauan baik melalui kades atau lurah ataupun imbauan langsung kepada masyarakat agar tidak melakukan aktifitas ilegal tersebut.

"Melalui Kades, tokoh masyarakat ataupun langsung kepada masyarakat kita terus sampaikan imbauan ini, kalau memang tak diindahkan tentu akan kita tindak tegas bersama aparat kepolisian,"terangnya.

Terkait hal ini, Kades Seberang Taluk Hilir, Sukardi mengaku pihaknya telah berusaha secara kekeluargaan meminta kepada para pelaku PETI ini untuk menghentikan aktifitasnya.

"Ini memang permintaan masyarakat agar di wilayah Desa kita tidak ada aktifitas PETI ini, semalam kita sudah adakan rapat, hasil rapat itu juga sudah kita sampaikan kepada para pelaku PETI ini, tapi mereka masih tetap saja membandel, makanya kita minta aparat kepolisian untuk menghentikannya," pungkasnya.( isa )

Berita Lainnya

Index