Salah satu jalan produksi yang dibangun Disbun Kuansing. ( ktc )

Agar Petani Mudah ke Kebun, Disbun Bangun Jalan Produksi

Rabu,28 Agustus 2013 - 04:19:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...


TELUK KUANTAN - Untuk meningkatkan produksi perkebunan dan mempermudah petani ke kebun mereka, tahun 2013 ini Dinas Perkebunan membangun jalan produksi di dua kecamatan.

Hal ini dikatakan Kadisbun Kuansing, H Wariman DW, SP melalui Kabid Sarana dan Prasarana, Delfinis, belum lama ini. “ Pembangunan jalan ke kebun warga atau dikenal dengan jalan produksi merupakan salah satu bentuk perhatian pemerintah dalam perbaikan sarana infrastruktur. Pembangunanan jalan produksi pada areal perkebunan rakyat sangat dibutuhkan petani dalam rangka memperlancar dan mempermudah jalur transportasi sarana dan hasil produksi, ‘’ ujar Delfinis.

Menurut Delfinis,  pembangunanan jalan produksi sepanjang lima kilo meter akan di bangun pada dua  Kecamatan  masing-masing sepanjang 3 kilometer  di Desa Kresek Kecamatan Gunung Toar dan sepanjang 2 kilometer  di Desa Jake Kecamatan Kuantan Tengah. Pembangunan jalan produksi ini berasal dari berasal dari dana APBD Kuansing tahun anggaran 2013 ini.

“Selain memperpendek jarak tempuh, dengan dibangunnya jalan produksi tersebut tentunya akan mengurangi biaya petani dalam angkutan sarana dan hasil produksi perkebunan rakyat,”.

Untuk itu, ujarnya, Disbun Kuansing  berharap pekerjaan pembangunan jalan produksi ini sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan, sehingga dapat segera digunakan masyarakat. Delfinis juga mengakui, aspirasi untuk pembangunan jalan produksi cukup besar dari masyarakat.

Namun karena keterbatasan dana, pembangunan jalan produksi dilakukan secara bertahap dan di lokasi-lokasi yang memang membutuhkan. “ Jalan produksi ini kan dibangun melewati kebun-kebun masyarakat yang belum dilewati jalan, karena itu adanya jalan yang dulunya petani tidak bisa membawa kenderaan bisa langsung masuk, begitu juga mobil sehingga hasil kebun  dapat diangkur langsung ke mobil, kalau tidak ada jalan seperti karet diangkut petani dulu ke rumah atau ke jalan, ini kan sangat membantu mereka,”pungkasnya. ( mad )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT