Pacu antara jalur Untuang Batuah dan Lintah Jalang pada babak final segitiga. ( ktc )

Untung Betuah Juara Pacu Jalur Tradisional Event Nasional 2013

Senin,25 Agustus 2013 - 10:51:00 WIB
Share Tweet Google + Cetak

TELUK KUANTAN – Prestasi jalur Untung Betuah  memang sangat mengesankan. Satu-satunya jalur asal Indragiri Hulu ( Inhu ) yang bertahan dibabak final berhasil menjadi juara pacu jalur tradisional event nasional di Tepian Narosa Teluk Kuantan tahun 2013, Minggu ( 25/8 ) siang,  setelah dibabak final segitiga berhasil mengalahkan dua jalur kesayangan warga Kuansing yang masuk final segitiga Lintah Jalang dari desa Petapahan Gunung Toar dan Siposan Rimbo RAPP dari desa Pauh Angit Pangean.

            Pada final segitiga, berdasarkan hasil undian, Untung Betuah jalan sebelah kiri harus terlebih dahulu melawan jalur Siposan Rimbo RAPP  di jalan sebelah kanan. Sementara Lintah Jalang mendapat undian menang menunggu. Saat berpacu dengan Siposan Rimbo RAPP, Untung Betuah mampu mengandaskan Siposan Rimbo RAPP, dan Untuang Batuah harus kembali berhadapan dengan jalur Lintah Jalang yang menang menunggu.

            Saat berpacu dengan Lintah Jalang, Untung Betuah yang berada di jalan sebelah kiri sejak start berhasil unggul, bahkan pada pancang keempat dengan percaya diri si tukang tari Untung Betuah berdiri untuk menunjukkan keunggulan jalur mereka. Kemenangan dapat dipertahankan Untuang Batuah hingga pancang finish dan dinobatkan sebagai jawaran pacu jalur tradisional event nasional 2013 di Tepian Narosa Teluk Kuantan.

            Karena Lintah Jalang yang menang menunggu dikalahkan Untung Betuah, sesuai aturan perebutan juara kedua dan ketiga  harus dilakukan pacu kembali antara Lintah Jalang dan Siposan Rimbo RAPP. Dari hasil pacu antara Lintah Jalang jalan sebelah kanan dan Siposan Rimbo RAPP jalan sebelah kiri tersebut, Siposan Rimbo RAPP berhasil unggul dan ditetapkan sebagai juara kedua dan Lintah Jalang ditetapkan sebagai juara ketiga.

            Sementara itu juara keempat sampai kesembilan sesuai kesepakatan wakil jalur dengan panitia pelaksana ditetapkan melalui pencabutan undian. Dari hasil pencabutan undian untuk menentukan posisi empat sampai sembilan, hasilnya sebagai berikut, juara keempat Bintang Muda Canang Nagori dari desa Seberang Sungai Gunung Toar, juara kelima Pulau Laghe  Mandulang Untuang dari desa Pulau Madinah Kuantan Hilir, juara keenam Duri Bingkuang Rawang Panjang asal desa Pulau Kedundung Kuantan Tengah, juara ketujuh Limo Piako Tuah Nagori dari desa Perhentian Luas Logas Tanah Darat, juara kedelapan Meriam Onggang Parau dari desa Kepala Pulau Baserah Kuantan Hilir juara kesembilan Kalojengking Tigo Jumbalang dari desa Sungai Manau Kuantan Mudik.  

            Perjuangan jalur asal Danau Baru Rengat ini memang cukup melelahkan dan cukup tertatih-tatih sebelum menjadi juara. Diputaran I ( 9 besar ) hari final, jalur Untung Betuah  harus berhadapan dengan salah satu jalur kebangaan masyarakat Kuansing Meriam Onggang Parau dari desa Kepala Pulau Baserah Kuantan Hilir.  Untuang Batuah mampu memupuskan impian Meriam Onggan Parau salah satu jalur yang difavoritkan menjadi juara tahun ini.

            Di putaran II ( 5 besar ) kembali jalur Untung Betuah berhadapan dengan jalur unggulan Kuansing, Pulau Laghe Mandulang Untuang asal Pulau Madinah masih dari Kuantan Hilir. Namun Untuang Batuah kembali berhasil mematahkan perlawanan jalur Pulau Laghe Mandulang Untuang. Selain itu dari tiga jalur yang masuk babak final segitiga, hanya Untung Betuah yang tidak pernah mendapatkan undian bay. Sementara Siposan Rimbo RAPP mendapat dua kali bay pada putaran I dan II, sementara Lintah Jalang mendapat satu kali bay pada putaran final segitiga. ( isa/yus/mad/pen )

 

Komposisi Juara Pacu Jalur Tradisonal Event Nasional 2013

  1. Jalur Untung Betuah dari desa Danau Baru Rengat Indragiri Hulu
  2. Jalur Siposan Rimbo RAPP dari desa Pauh Angit Pangean
  3. Jalur Lintah Jalang dari desa Petapahan Gunung Toar
  4. Jalur Bintang Muda Canang Nagori dari desa Seberang Sungai Gunung Toar
  5. Jalur Pulau Laghe Mandulang Untuang dari desa Pulau Madinah Kuantan Hilir
  6. Jalur Duri Bingkuang Rawang Panjang dari desa Pulau Kedundung Kuantan Tengah
  7. Jalur Limo Piako Tuah Nagori dari desa Perhentian Luas Logas Tanah Darat
  8. Jalur Meriam Onggang Parau dari desa Kepala Pulau Kuantan Hilir
  9. Jalur Kalojengking Tigo Jumbalang dari desa Sungai Manau Kuantan Mudik.


Ikuti Kuansing Terkini Melalui Media Sosial


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT