Harga Emas Lompat ke Tingkat Tertinggi di Akhir Pekan

Harga Emas Lompat ke Tingkat Tertinggi di Akhir Pekan
ilustrasi. ( dtc )

NEW YORK - Pada perdagangan akhir pekan, harga emas internasional lompat hampir 2% ke tingkat tertingginya dalam 2 bulan terakhir. Kenaikan harga emas didorong oleh berita menurunnya penjualan rumah di AS, yang membuat keraguan akan membaiknya perekonomian AS. Investor mengalihkan dananya dari saham ke emas.

Penurunan penjualan rumah di AS yang membuat keraguan akan membaiknya perekonomian AS, membuat spekulasi bahwa bank sentral AS yaitu The Fed akan melanjutkan program stimulus ekonominya.

Dikutip dari Reuters, Sabtu (24/8/2013), harga spot emas di pasar internasional naik 1,6% ke level US$ 1.396,56 per ounce, dan sempat menyentuh level tertinginya di US$ 1.398,2 per ounce, atau yang tertinggi sejak 7 Juni 2013.

Sementara harga kontrak berjangka emas di AS untuk pengiriman Desember 2013 naik US$ 25 menjadi US$ 1.395,8 per ounce.

Sejumlah analis mengatakan, harga emas masih rentan menurun, karena menunggu kepastian The Fed apakah stimulus ekonomi di AS akan berlanjut atau tidak. Bila tidak, maka The Fed yakin ekonomi AS akan membaik, dan investor akan mengalihkan dananya ke pasar saham di negara tersebut.

Selain emas, harga perak juga naik 4% menjadi US$ 24,04 per ounce, dan sempat menyentuh harga tertingginya di US$ 24,08, atau tertinggi sejak 9 Mei 2013.( sumber : detik.com )


Berita Lainnya

Index