Jalur Ngiang Kuantan saat berpacu dengan lawannya. ( ktc )

4 Jalur Inhu Lolos Kehari Ketiga, Jalur Mutiara Negeri Pucuk Rantau Mengejutkan Penonton

Jumat,23 Agustus 2013 - 08:54:00 WIB
Share Tweet Google +

TELUK KUANTAN - Kecepatan jalur-jalur asal Indragiri Hulu cukup mengejutkan penonton pacu jalur tradisional event nasional 2013 di Tepian Narosa Teluk Kuantan. Sebab kecepatan jalur-jalur asal daerah yang dipimpin Bupati Yopi Arianto itu dinilai lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya, sehingga mereka berhasil menempatkan 4 jalur ke hari ketiga, Sabtu ( 24/8 ) besok.

Hal ini tampak pada pacu hari kedua, Jumat ( 23/8 ) siang. Bahkan jalur Untuang Bertuah diprediksi maju ke babak final karena kecepatan nya yang lumayan baik.Jalur untung Bertuah asal  Danau Baru Rengat yang pacu pada hilir pertama, mampu menumbangkan salah satu jalur unggulan dari kecamatan Pangean Toduang Kuantan dari Tanah Bekali. Untung Bertuah yang berada dijalan sebelah kiri unggul sejak pancang start hingga pancang finsih dari Toduang Kuantan. Kekuatan pengayuh jalur tersebut dan tenaga yang stabil membuat prediksi sebagian kalangan, jalur ini bakal maju hingga ke babak final.

Apalagi satu jalur asal Inhu Sialang Soko Putri Mandi dari Setako Raya Peranap yang selalu berhasil menembus babak final gagal setelah dikandaskan jalur Pendekar Panjang Bukik Siguntur dari Pisang Berebus Gunung Toar. Harapan Inhu meraih juara pada pacu jalur tahun ini terletak pada jalur Untung Bertuah dan tiga jalur yang masih bertahan hingga hari ketiga.

Pada hari kedua ini, 4 jalur Inhu yang mampu lolos dari hadangan lawan-lawannya, selain Untung Bertuah, ada tiga jalur lain masing-masing Titisan Tak Ambek Tau dari Rengat yang mengalahkan jalur Toduang Biso Rimbo Piako salah satu jalur unggulan Kuansing dari desa Pebaun Hilir Kuantan Mudik.

Kemudian jalur Putra Indragiri dari desa Kampung Pulau Rengat yang menumbangkan jalur Kumayang dari desa Pulau Ingi Benai. Seterusnya jalur Pulau Batuah dari desa Kuala Cinaku yang memulangkan jalur Pendekar Sutan Bukit Keramat dari desa Pulau Mungkur.

Selain Inhu, jalur semata wayang asal Pucuk Rantau, Mutiara Negeri juga mengejutkan publik karena mampu meloloskan diri hingga hari ketiga, Sabtu ( 24/8 ) besok. Dihari kedua ini, jalur kebanggaan masyarakat Pucuk Rantau ini harus bersaing keras dengan jalur Buayo Danau dari desa Bandar Alai Kari.

Saking kerasnya pertarungan kedua jalur ini dari pancang start hingga pancang finsih, membuat dewan hakim di pancang finish harus memanggil perwakilan kedua jalur untuk melihat layar monitor. Sebab selisih keduanya saat memasuki finish ' setipis kulit bawang' seperti yang selalu diutarakan komentator pacu jalur kondang dari RPD Kuansing, Darwis. Setelah kedua wakil jalur melihat layar monitor barulah diumumkan bahwa jalur Mutiara Negeri dari Pucuk Rantau keluar sebagai pemenang dan disambut sorak warga Pucuk Rantau.( isa )


Ikuti Kuansing Terkini Melalui Media Sosial


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT