Antisipasi Kerusuhan, Lima Polisi Berjaga-jaga di Tiap Lapas di Riau

Antisipasi Kerusuhan, Lima Polisi Berjaga-jaga di Tiap Lapas di Riau
Kerusuhan lapas (net)

- PEKANBARU -Guna mengantisipasi peristiwa kerusudah yang sempat terjadi di Lapas Tanjung Gusta dan labuhan Ruku, Sumatera Utara, jajaran Kepolisian Daerah Riau membantu pengamanan di seluruh Lembaga Pemasyarakatan yang ada di daerah ini.


Kepala Bidang Humas Polda Riau AKBP Hermansyah di Pekanbaru, Kamis (22/8/2013), mengatakan, tidak hanya Lapas, aparat juga membantu pengamanan di tiap Rumah Tahanan Negara yang ada di berbagai wilayah kabupaten dan kota di Riau.


Hermansyah mengatakan, jumlah pasukan yang ditempatkan di tiap Lapas dan Rutan di Riau bervariasi tergantung dari tingkat potensi kerawanannya. "Untuk tingkat kerawanan bisa diperkirakan dengan kapasitas atau jumlah narapidana atau tahanan yang ada di dalamnya," kata dia.


Menurut Hermansyah, semakin banyak penghuni atau warga binaan di Lapas atau Rutan tersebut, maka sebaiknya akan dijaga oleh lebih banyak aparat.


Ia mengatakan, setiap Lapas atau Rutan itu sedikitnya dijaga oleh sebanyak dua personel polisi, namun yang rentan dijaga sebanyak lima orang personel.


Posisi pengamanan, kata dia, anggota hanya berada di luar Lapas atau Rutan, sementara untuk yang di dalam itu merupakan kewenangan para petugas Lapas. "Namun jika dibutuhkan, tidak menutup kemungkinan anggota juga akan berjaga-jaga di dalam Lapas atau Rutan tersebut," katanya.


Yang jelas, kata dia, jangan sampai kerusuhan seperti yang terjadi di Lapas Tanjung Gusta dan Labuhan Ruku terulang di Riau.( goriau.com )

Berita Lainnya

Index