Dua jalur saat yang berpacu habis-habisan saat berada di tangga batu. 9 ktc )

Prestasi Jalur Pangean, GT dan KH Stabil, KM dan HK Merosot

Kamis,22 Agustus 2013 - 07:36:00 WIB
Share Tweet Google +

TELUK KUANTAN - Hari pertama pacu jalur tradisional event nasional di Tepian Narosa Teluk Kuantan, Kamis ( 22/8 ) siang hingga sore, terlihat dominasi kekuatan masing-masing kecamatan. Kekuatan jalur asal Pangean dan Gunung Toar dan Kuantan Hilir tampak lebih stabil, sementara Hulu Kuantan dan Kuantan Mudik cenderung merosot. Sedangkan Kuantan Tengah dan Kuantan Hilir Seberang , Inuman dan Inhu tetap bertahan.

Dominasi jalur-jalur dari hilir sungai Kuantan seperti Pangean dan Kuantan Hilir memang cukup terasa pada hari pertama. Sebagian besar jalur-jalur unggulan mereka maju ke hari kedua, seperti Siposan Rimbo RAPP, Lingar Jati JA RAPP . Meriam Onggang Parau, Ombak Nyalo Simutu Olang, Sembaran Olang Pulai dan Pulau Laghe Mandulang Untuang. Bahkan banyak prediksi sang juara tahun ini juga akan diraih oleh jalur-jalur asal hilir sungai Kuantan.

Namun demikian prestasi stabil juga terlihat pada jalur-jalur asal Gunung Toar, jalur-jalur unggulan mereka banyak melaju kehari kedua seperti Ngiang Kuantan Bahtera Motor, Panglimo Sati, Juragan Kuantan, Pangeran Fortuna, Pangeran Panjang Bukik Siguntur, Bintang Muda Canang Nagori, Lintah Jalang dan Tapak Godang Sungai Gorakkan. Bahkan kecamatan ini meloloskan sebagian jalur mereka ke hari kedua. Prediksi banyak kalangan, jalur asal Gunung Toar akan menjadi lawan tangguh bagi jalur-jalur hilir sungai Kuantan dibabak final nanti. Bahkan mampu  menyodok kekuatan jalur-jalur hilir sungai Kuantan yang sedang naik daun.

Sementara itu jalur-jalur asal Kuantan Mudik dan Hulu Kuantan yang selama ini disegani lawan terlihat semakin merosot prestasinya, terutama Hulu Kuantan. Jalur-jalur unggulan mereka seperti Bintang Emas Cahaya Intan, Panglimo Olang Putiah, Singa Kuantan gagal pada hari pertama. Sementara jalur dari Kuantan Mudik, masih eksis dengan kelanjutan jalur-jalur unggulan mereka kehari kedua seperti Puti Mandi Mayang Terurai, Kalojengking Tigo Jumbalang, Batu Lompantan Harimau Kompe, Toduang Biso Rimbo Piako, Pendekar Kuniang dan Halilintar Gelombang Cahaya Putih.

Kecamatan lain yang masih eksis yakni Kuantan Tengah dengan bertahannya Siluman Buayo Danau, Tuah Inayan Mandulang Untuang, Penentuan Batang Kuantan dan Duri Bingkuang Rawang Panjang. Sementara Benai, Inuman dan Kuantan Hilir Seberang juga menyisahkan jalur-jalur unggulan mereka seperti Danau Sati Kompe Batuah, Dewa Ruci Arung Samudra dan Raja Laut, Kilek Sonjo Tuah Nagori dan Pangeran Hilir Rantau Kuantan.( yus/pen/isa )

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT