Portal Online Kebanggaan Masyarakat Kuansing

Pawai Budaya Pembukaan Pacu Jalur 2013 Meriah, Petinggi Riau Hadir

Kamis,22 Agustus 2013 | 01:09:00   Dibaca: 2250 kali
Pawai Budaya Pembukaan Pacu Jalur 2013  Meriah, Petinggi Riau Hadir
Ket Foto : Mamikek buruang punai yang ditampilkan Kecamatan Pucuk Rantau saat pawai budaya. ( ktc )

TELUK KUANTAN - Kegiatan pawai budaya yang selalu dilaksanakan sempena pembukaan pacu jalur termasuk tahun 2013 berlangsung semarak dan meriah, Kamis ( 22/8 ) dari pagi hingga siang. Peserta 15 kecamatan termasuk BRI menampilkan potensi budaya, istiadat termasuk keragaman etnis yang ada di Kuansing. Peserta pawai budaya kali ini lebih banyak dari tahun sebelumnya sehingga lapangan Limuno tempat berlangsungnya acara terlihat sesak.

Pawai budaya mendapat perhatian antusias tidak hanya Wagubri HR Mambang Mit, Kapolda Riau Brigjen ( Pol ) Condro Kirono, Danrem Wirambia Brigjen ( TNI ) Teguh Raharjo, Kajati Riau Edy Rakamto, SH,M.Hum, Bupati Kuansing H Sukarmis dan unsur Muspida namun juga oleh pimpinan perusahaan yang hadir seperti Deputi Direktur PT RAPP, Rudi Tianda, Direktur PT Tri Bakti Sarimas Gunawan, kalangan pemuka masyakat Kuansing di Pekanbaru dan daerah lain yang hadir dan masyarakat .

Para hadirin terkesima saat masing-masing kecamatan menampilkan potensi budaya yang ada, mulai dari tradisi mengantar jambar atau sasampek, mengantar anak tamat kaji dengan minitatur pesawat burag, randai, kayat, mendulang ome, parahu baganduang, diatraksikan oleh yang hadir  secara langsung dihadapan tamu kehormatan.

Tidak hanya itu kegiatan sehari-hari warga Kuansing seperti mamikek buruang ( menangkap burung ), manjalo ikan ( menangkap ikan ) juga ditampilkan. Tidak hanya itu potensi warga tempatan, potensi masing-masing etnis yang ada di Kuansing mulai dari suku Jawa, Minang, Batak bahkan etnis Tionghoa juga ditampilkan.

Para tamu undangan berulang kali tertawa dan tersenyum serta memberi aplus saat peserta pawai beraksi. Bahkan peserta dari Kuantan Mudik sempat menyuguhkan lomang puluik secara langsung kepada Wagubri dan unsur Muspida yang hadir untuk dicicipi secara langsung. ( isa )

 


Baca Berita Lainnya
Tulis Komentar
comments powered by Disqus
.