Ilustrasi. ( prc/ktc )

3 Cara Bedakan Oli Palsu dan Asli

Rabu,20 Agustus 2013 - 01:56:00 WIB
Share Tweet Google + Cetak


PEKANBARU - CARA membedakan oli palsu dan asli dipaparkan dalam Community Gathering Federal Oil beberapa waktu lalu. "Gampang-gampang susah, minimal perhatikan tiga hal ini terlebih dulu," terang Handaru P Utomo, Marketing Support Officer PT Federal Karyatama, produsen Federal Oil.

Pertama adalah membedakan dari kemasannya. Botolnya bisa sangat mirip karena botol asli sering kali dikumpulkan oleh pemalsu untuk digunakan kembali. Tapi, print label pada oli palsu umumnya terlihat kurang nyata.

"Labelnya hasil scan, lalu dicetak ulang, jadi lebih burem. Sering ditemukan seperti ini," beber Handaru.

Lalu cara lain untuk membedakan adalah pada tutup botolnya. "Pemalsu sering memanfaatkan tutup botol bekas. Saat membuka botol bukan di sobek tapi dicongkel agar tidak rusak dan bisa dipakai lagi. Tapi perhatikan pada Federal Oil yang asli ada kode huruf dan angka yang harus sama antara botol dan tutupnya," jelasnya.

Ketika membuka tutup botolnya pun, Federal Oil asli sangat rapih karena dibuat dengan teknologi canggih dan sekali dibuka akan langsung rusak. Bagian atas produk dilengkapi dengan aluminium foil, lengkap dengan logo Federal Oil. Kemasan botol Federal Oil memang tidak didesain transparan, namun masih bisa diterawang.

Dan, yang terakhir adalah dari bau dan warnanya. "Coba dituang, oli yang asli bening dan tidak bau. Kalau palsu buram dan baunya enggak enak, agak sangit," jelas pria yang sehari-hari membesut skuter gambot Benelli Zafferano 250 ini. (mpoc/politikriau.com ))


Ikuti Kuansing Terkini Melalui Media Sosial


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

Teknologi

Bahaya Radiasi Ponsel Terhadap Manusia

Kamis,14 Desember 2016
Teknologi

Facebook Ubah Kebijakan Pengaturan Privasi

Sabtu,11 Oktober 2013
Teknologi

Letusan Rinjani Spektakuler Hingga Alaska

Rabu,01 Oktober 2013
Teknologi

Ini Dia Calon Mobil Terkencang di Dunia

Rabu,01 Oktober 2013
Teknologi

Heboh Sosok Manusia di Permukaan Merkurius

Rabu,24 September 2013