Ternak Berkeliaran

Disnak Tangkap 2 Ekor Sapi dan 5 Ekor Kambing

Disnak Tangkap 2 Ekor Sapi dan 5 Ekor Kambing

BENAI  - kuansingterkini.com - Jajaran Dinas Peternakan ( Disnak ) tidak lagi main-main untuk menertibkan hewan ternak yang berkeliaran dan tidak diikat oleh pemiliki. Buktinya Kamis ( 13/9 ) yang lalu, jajaran Disnak Kuansing bersama Upika Kecamatan Benai menangkap 2 ekor Sapi, dan 5 ekor Kambing milik masyarakat yang selama ini berkeliaran, di Kecamatan Benai.

"Ya, kemaren (Kamis,red) kita berhasil menangkap 2 ekor Sapi dan 5 ekor Kambing di Simandolak dan Benai," ujar Kadis Disnak Kuansing, Masri AS, SP MSi kepada waratwan, Jumat (14/9) kemaren.

Ternak-ternak yang sudah ditangkap tersebut katanya, telah diamankan di kandang ternak milik Pemkab Kuansing di Teratak Air Hitam Kecamatan Benai. Hanya saja belum diketahui nama-nama warga pemilik hewan yang ditangkap ini. Namun demikian dirinya berharap pemilik ternak segera mengambilnya.

Penertiban ternak di Kecamatan Benai ini, uajrnya selain melibatkan pihaknya di Dinas Peternakan juga melibatkan Camat Benai Andika Putra SIP, Kapolsek Benai, Danramil, dan Lurah Pasar Benai beserta masyarakat. Karena itu  Masri mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu untuk menertibkan ternak berkeliaran, terutama di jalan raya.

"Sengaja kita melakukan razia dengan cara menangkap ternak di kecamatan-kecamatan, karena kita tidak menginginkan terjadinya kecelakaan akibat ternak yang berkeliaran," ujarnya.

Masri mengatakan, pihaknya akan kembali melakukan razia terhadap ternak-ternak yang berkeliaran, terutama di kecamatan-kecamatan yang selama ini banyak dikeluhkan oleh masyarakat, , salah satunya di Kecamatan Benai. "Ini akan terus kita pantau, apakah masih banyak ternak yang berkeliaran," katanya.

Kedepan, kata Kadis Peternakan Kuansing ini, pihaknya tidak akan segan-segan mengintensifkan penertiban ternak. Oleh karenanya, masyarakat yang selama ini memiliki ternak supaya tidak melepaskan ternaknya dengan sembarangan. Karena rawan terjadi, ternak yang berkeliaran ini potensial terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Nah, untuk ternak yang berhasil ditangkap tersebut, disamping belum diketahui pemiliknya, ternak tersebut sekarang diurus di Kandang Ternak Teratak Air Hitam dan dirawat dengan baik, dan pihaknya tengah menunggu si pemilik ternak ini. “Ini semata-mata kita lakukan untuk menegakkan Perda,” tegas Masri. ( ktc 1)

Berita Lainnya

Index