Fenomena Aneh di Arab Saudi, Kawah Gunung di Tengah Padang Pasir

Fenomena Aneh di Arab Saudi, Kawah Gunung di Tengah Padang Pasir
Al Wahbah di Arab Saudi, kawah gunung di tengah padang pasir (Amusing Planet) . ( detik.com )

TAIF - Jika biasanya traveler melihat kawah di gunung, maka berbeda dengan yang ada di Arab Saudi. Di sana terdapat kawah dengan diameter 2 km di tengah padang pasir yang luas. Kawahnya pun berwarna putih terang. Mau lihat?

Ada banyak fenomena aneh di dunia. Meski demikian, hal itu menjadi daya tarik traveler untuk melihatnya dari dekat. Di Arab Saudi terdapat suatu kawah besar di tengah padang pasir yang luas.

Ditengok dari Amusing Planet, Senin (19/8/2013), kawah tersebut bernama Al Wahbah dan lokasinya berada di tepi barat dataran tinggi Hafer Kishb. Kawah ini berada di 254 km dari Kota Taif atau sekitar 4 jam lebih dari Kota Jeddah. Tentu saja, Anda bakal melewati padang pasir yang luas sebelum tiba di sana.

Perjalanan yang melelahkan bakal terbayar impas saat Anda melihat kawah Al Wahbah dari dekat. Kawah ini sekilas seperti tempat jatuhnya meteor. Mirip dengan kawah yang ada di Arizona, AS. Al Wahbah berada di kedalaman 250 meter dengan diameter 2 km.

Menurut para ahli geologi, kawah ini terbentuk oleh aktivitas vulkanik gunung berapi dalam bentuk ledakan magma cair di bawah tanah di masa lalu. Wilayah tersebut diyakini dulunya adalah gunung-gunung.

Di salah satu sisi kawah terletak sebuah kerucut abu vulkanik, yang tersisa dari gunung berapi. Yang unik, permukaan kawah Al Wahbah berwarna putih. Warna itu berasal dari kristal natrium fosfat putih.

Asyiknya, traveler bisa melihat kawah Al Wahbah dari dekat. Sebelumnya, Anda harus trekking menurun selama sekitar 30 menit. Hati-hati, bebatuannya cukup licin dan bisa longsor.

Lihatlah kawah Al Wahbah dari dekat. Seolah, terdapat lingkaran berwarna putih besar. Bagi Anda yang suka fotografi, kawah Al Wahbah adalah objek foto yang indah, yang mungkin hanya ada satu di dunia.( detik.com )

Berita Lainnya

Index