Anggota KPUD Kuansing, Dedi Erianto saat menunjukkan salah satu contoh surat suara yang rusak. ( ktc

Hingga Minggu Sore, KPU Kuansing Temukan 519 Surat Suara Rusak

Senin,18 Agustus 2013 - 05:12:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUK KUANTAN - Hingga Minggu ( 18/8 ) sore, KPU Kuansing menemukan 519 surat suara Pilgubri yang rusak dan tidak bisa digunakan.
" Hingga hari Sabtu kemarenjumlah suara rusak yang ditemukan tim pelipat surat suara sebanyak 390, namun pada hari Minggu sampai sore ditemukan lagi sekitar 129 surat suara, jadi totalnya saat ini sudah mencapai 519 surat suara, kemungkinan bisa bertambah karena masih ada surat suara yang belum dibuka untuk dilipat,"ujar anggota KPU Kuansing, Drs Dedi Erianto diruang kerjanya, Minggu sore.
Untuk Kuansing sesuai daftar pemilih tetap ( DPT ) ujarnya jumlah surat suara yang didrop KPU Riau sebanyak 223.098 surat suara. Jumlah tersebut dikirim dalam 75 kotak. Diluar itu masih ada lagi surat suara cadangan  5.577 surat suara yang dikirim dalam dua kotak.
" Jadi total surat suara sebanyak 228.675 surat kalau jumlah kotak suara 77 kotak,"ujarnya.
Dari 77 kotak surat suara yang telah dikirim itu ujarnya, yang telah dibuka sampai Minggu sore sebanyak 46 kotak." Tetapi menjelang malam tentu jumlahnya semakin bertambah karena petugas pelipat suara terus bekerja,"ujarnya.
Mengenai bentuk kerusakan surat suara ujarnya, ada beberapa kasus yang ditemukan. Pertama tanpa gambar pasangan Jon Erizal - Mambang Mit, kedua gambar nomor urut 5 terpotong, yang ketiga gambar nomor urut 1 juga terpotong, keempat surat suara yang kabur dan kena tinta dan kelima surat suara yang robek.
Selain itu ujarnya juga ditemukan surat suara yang berlebih garis putihnya. Surat suara ini masih dapat digunakan, dan kemungkinan akan dipotong.( isa )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT