Pasangan JE- MM. ( halloriau.com )

Sampaikan Visi dan Misi JE-MM Janjikan Dana APBN Untuk Pembangunan Riau

Senin,18 Agustus 2013 - 01:52:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

PEKANBARU - Pasangan Cagubri dan Cawagubri nomor urut 5 Jon Erizal - Mambang Mit (JE-MM) menjadi kontestan terakhir yang mengampaikan visi dan misi di DPRD Riau. Pasangan ini sepakat mengurangi ketergantungan Pemerintah terhadap dana APBD, dan berjanji mengga gaet APBN lebih besar untuk membiayai pembangunan di Riau.

Menurut Jon Erizal, selama ini Pemerintahan di Riau lebih condong menggantungkan dana pembangunan dari APBD Riau saja. Sementara porsi APBN yang seharusnya didistribusikan ke daerah termasuk Riau, justru lebih kecil dibandingkan daerah tetangga.

"Selama ini kita lupa, kalau porsi anggaran di APBD kita itu sangat kecil jika kita memiliki visi dan misi yang banyak. Karena itulah, kami sudah mempersiapkan formula agar bagaimana pembangunan ini terlaksana dengan dana APBN dan dunia usaha," tukasnya.

Jon mencontohkan daerah lain seperti Sumatera Utara dan Sumatera Barat yang mana infrastrukturnya lebih baik dari bumi lancang kuning. Bagusnya infrastruktur daerah lain ini kata Jon, tidak terlepas besarnya aliran dana APBN kekedua daerah ini.

"Sudah saatnya mainset kita selama ini diubah, pembangunan yang ada di Riau ini tidak akan mampu ditutupi oleh APBD saja dan itu tidak akan mencukupi. Karenanya, APBN harus kita rebut. Disinilah dilihat peran Gubernur dan Wakil Gubernur dalam menggaet APBN itu," ujarnya.

Selain itu kata Jon, untuk meningkatkan nilai APBD Riau kedepan, dirinya bersama Mambang Mit sudah memiliki formula yang tepat. Yakni dengan memberdayakan dan memberikan kesempatan lebih besar kepada  Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) mengelola sumber daya yang ada di Riau.

"Kalau BUMD sehat, tentu keuntungannya akan masuk kedalam keuntungan daerah, tentunya ini juga akan masuk dalam APBD Riau, otomatis APBD Riau akan meningkat," paparnya.( halloriau.com )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT

Politik

Dapil Pileg 2014 Kemungkinan Bertambah

Rabu,25 September 2012
Politik

Jon Erizal akan Perhatikan PSPS

Senin,25 Agustus 2013