Asisten Kepala Kantor Bank Indonesia Riau, Muhammad Abdul Majid Ikram. ( politikriau.com )

BI: Peningkatan Outflow Riau Mengalahkan Inflow

Sabtu,17 Agustus 2013 - 10:04:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

EKANBARU - Berdasarkan dinamika perekonomian Riau, pada triwulan kedua tahun 2013, outflow Riau mengalami peningkatan yang lebih tinggi daripada inflow. Secara umum kondisi ini menyebabkan Riau mengalami net outflow.

Asisten Kepala Kantor Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Riau, Muhammad Abdul Majid Ikram, mengatakan bahwa faktor musiman seperti Ramadan dan idul fitri mendorong peningkatakan outflow pada transaksi keuangan tunai.

"Peningkatan mencapai 104,84 persen dari triwulan sebelumnya," sebut Muhammad Abdul Majid Ikram.

Dari outflow tersebut, lanjutny, juga berdampak pada penukaran uang, yaitu sampai 23 Juli 2013 penukaran uang telah mencapai Rp18,23 miliar dengan jumlah penukar telah mencapai 1.909 orang.

"Pecahan yang paling banyak ditukar adalah Rp5 ribu," terangnya.

Berdasarkan realisasi penukaran uang di kantor BI Provinsi Riau, inflow tahun 2012 paling tinggi terjadi pada triwulan ketiga Rp1,5 triliun. "Sedangkan outflow terjadi pada triwulan keempat mencapai Rp3,9 triliun," sebutnya.

Sementara tahun 2013, inflow tertinggi terjadi pada triwulan pertama dibawah Rp300 miliar dan outflow pada triwulan kedua mencapai Rp3,3 triliun. ( politikriau.com )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT