Tertarik Program, PKPI Riau Deklarasikan Diri Dukung LURUS

Tertarik Program, PKPI Riau Deklarasikan Diri Dukung LURUS
fhoto riau terkini.com

PEKANBARU -Banyak alasan mendukung sebuah pasangan dalam ajang politik tertentu. Dewan Pimpinan Provinsi (DPP) Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) Provinsi Riau, misalnya, menyatakan mendukung pasangan Ir. HM Lukman Edy M.Si. dengan Suryadi Khusaini di ajang Pilgub (Pemilihan Gubernur) Riau 2013 karena tertarik dengan program-program pasangan tersebut.

"Terus terang, kita memutuskan mendukung pasangan ini setelah mempelajari dengan seksama program-program yang akan dilaksanakan bila kelak terpilih," kata Ketua DPD PKPI Riau Drs. H. Ali Syahbana Ritonga SH MH, usai penandatanganan deklarasi dukungan partai itu terhadap pasangan yang disebut dengan LURUS itu di Kantor DPD PDI Perjuangan Riau di Pekanbaru, Jumat (16/8).

"Kita menilai, program-program yang diusung pasangan LURUS merupakan jawaban terhadap kondisi Riau hari ini dan ke depan," tambah Ali Syahbana. Menyebut program-program itu dengan Empat Pilar, dijelaskan Ali Syahbana, bila kelak program-program tersebut diaplikasikan, diyakini akan mampu menjawab begitu banyak persoalan yang dihadapi oleh daerah dan masyarakat Riau, baik hari ini maupun ke depan.

Dicontohkan program bantuan dana Rp2 miliar/desa/tahun yang diambilkan dari APBD Riau, menurut Ali Syahbana, diyakini akan lebih mendinamisasi pemerintahan di tingkat yang paling rendah, yaitu desa, baik dalam menjawab berbagai kebutuhan pembangunan maupun mencarikan solusi dari sejumlah permasalahan yang dihadapi masyarakat di tingkat desa.

"Karena merupakan unit pemerintahan terendah, maka praktis banyak masalah yang dihadapi kepala desa bersama aparatnya," kata Ali Syahbana. Susahnya, di tengah berbagai problematika yang mesti dipecahkan, aparat desa tidak ditopang anggaran yang memadai. "Dengan bantuan Rp2 miliar/desa/tahun, diharapkan kepala dan aparat desa makin mampu menjawab berbagai persoalan yang ada," katanya.

Ali Syahbana juga mengakui bahwa pihaknya memberi apresiasi positif terhadap program lain pasangan Lurus, yaitu pendidikan kesarjanaan gratis bagi semua anak Riau. "Kami menilai ini program yang cerdas, dengan orientasi yang jauh ke depan, dan didukung oleh anggaran daerah yang memungkinkan untuk itu," tambahnya.

Ia mengakui, seiring kemajuan zaman, tingkat kesadaran para orangtua menyekolahkan anak-anaknya makin membaik. Tapi, diiingatkan, realitas itu tidak didukung kemampuan ekonomi sebagian orangtua dalam membiayai pendidikan anak-anaknya sampai ke jenjang perguruan tinggi. "Dengan program pendidikan kesarjanaan gratis bagi semua anak Riau, pasanga Lurus akan mengambil-alih beban sebagian orangtua dalam membiayai pendidikan anak-anaknya," kata Ali Syahbana.

Bergerak Cepat

Pada bagian lain, Ali Syahbana menjelaskan bahwa setelah penandatanganan deklarasi itu, pihaknya akan bergerak cepat untuk melakukan langkah-langkah bagi upaya pemenangan pasangan Lurus di ajang Pilgub Riau 2013. "Karena organ partai kita sampai ke tingkat desa, maka kita akan menggalang semua kekuatan di PKPI Riau untuk memenangkan pasangan Lurus," tandasnya.

Berdasarkan peta kekuatan dan feeling politiknya, dikatakan Ali Syahbana, bila semua elemen pendukung Lurus bergerak sesuai dengan garisan yang telah ditentukan, maka ia yakin pasangan yang didukung PKB dan PDI Perjuangan itu akan bisa memenangkan pertarungan dalam satu kali putaran saja.

Selain unggul pada program, menurut Ali Syahbana, pasangan ini juga diuntungkan oleh nama Lukman Edy yang sudah menasional, karena pernah dipercaya menjadi menteri dan sekjen (sekretaris jenderal) di sebuah partai yang tergolong besar.

"Publik di daerah ini juga mengenal Pak Lukman Edy dan Pak Suryadi Khusaini sebagai sosok yang sopan, santun, dan amanah," tambah Ali Syahbana. ( riauterkini.com )

Berita Lainnya

Index