Ilustrasi. ( ktc )

Hadiri HUT RI di Istana Merdeka, Warga Kuansing Terpilih jadi Petani Berprestasi Nasional

Jumat,15 Agustus 2013 - 09:58:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUK KUANTAN - Cukup membanggakan, salah seorang petani padi sawah asal Kuansing, Jusrian berhasil dinobatkan sebagai petani berprestasi tingkat nasional pada tahun 2013 ini.

Warga Desa Seberang Taluk ini terpilih sebagai petani berprestasi mewakili Provinsi Riau untuk menerima penghargaan tingkat nasional.

Penghargaan tersebut diraih setelah melalui tahapan penilaian secara berjenjang, mulai dari seleksi tingkat kabupaten,provinsi dan verifikasi oleh tim penilai dari Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPSDMP) Kementerian Peretanian RI yang langsung turun ke Kabupaten Kuansing, sekitar Juni lalu.

‘’Alhamdulillah, terpilih petani kita Pak Jusrian untuk mewakili Riau guna mendapatkan penghargaan tingkat nasional sebagai petani berprestasi,’’ kataKepala Dinas Tanaman Pangan Kuansing,Ir H Hardison MP, Rabu (14/8/13) lalu.

Kata Hardison, Jusrian dinilai berhasil dalam penerapan dan memasyarakatkan teknologi bertanam padi jajar legowo, sebagai pelopor dalam peningkatan indek pertanaman padi (IP) dari sekali setahun menjadi dua kali dalam setahun, mampu mewujudkan peningkatan produktifitas padi sawah dari 3,7 ton per hektare menjadi 6,5 ton per hektare, serta mampu merubah orientasi petani padi dari konsumtif menjadi berorientasi agribisnis.

‘’Itu yang telah ditorehkan Pak Jusrian sebagai petani sawah. Tentunya kita bersyukur ada petani Kuansing yang meraih penghargaandi tingkat nasional tahun ini. Ini tidak terlepas dari dukungan dari Pak Bupati untuk mengembangkan sektor pertanian,’’ katanya.

Nanti, kata Hardison,selama mengikuti rangkaian kegiatan pemberian penghargaan tersebut, Jusrian akan didampingi oleh Kepala Bidang PerlindunganTanaman dan Penyuluhan Dinas Tanaman Pangan Kabupaten Kuansing Deflides GusnivSP MSi.

Adapun rangkaian kegiatan yang akan diikuti Jusrian mulai tanggal 15hingga 19 Agustus adalah menghadiri Rapat Paripurna DPR-RI dan Pidato Kenegaraan Presiden RI di Gedung DPR-RI, Mengikuti Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Mengikuti Peringatan Detik-Detik Proklamasi HUT RI ke-68 di Istana Negara, Penyerahan Penghargaan oleh Menteri Pertanian RI, dan Silaturahmi Presiden RI dengan Para Petani Teladan Nasional. ( riauterkini.com )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT