BK Akan Klarifikasi Foto Politisi Nikmati Canal Tour

Senin,10 September 2012 - 05:58:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Kehormatan Dewan Perwakilan Rakyat akan mengklarifikasi foto rombongan anggota Badan Legislasi (Baleg) yang tengah menikmati canal tour atau berekreasi di atas kapal di Nyhavn, Kopenhagen, Denmark. BK akan meminta penjelasan rombongan setelah kembali ke Indonesia.

"Kemungkinan kita akan klarifikasi, akan dibicarakan dalam pertemuan di BK nanti. Rencananya akan dirapatkan pekan depan," kata Ketua BK M Prakosa ketika dihubungi, Jumat (7/9/2012).

Selain perihal foto tersebut, kata Prakosa, pihaknya bersama pimpinan DPR akan membicarakan mengenai kunjungan kerja keluar negeri secara keseluruhan. Pasalnya, kunker beramai-ramai itu selalu dikritik oleh masyarakat.

"Kunjungan ke luar negeri sudah berkali-kali dilakukan dan menjadi sorotan. Itu membuat citra yang kurang baik bagi DPR sehingga kami akan berinisiatif untuk membicarakannya dengan pimpinan DPR," kata Prakosa.

Jika berkaitan dengan tugas yang sangat penting, kata Prakosa, kemungkinan kunker ke luar negeri tetap diizinkan. Namun, kata dia, jika data bisa didapat dari internet atau institusi di dalam negeri, maka anggota Dewan tidak perlu sampai ke luar negeri. "Ini akan kita kaji," pungkas dia.

Seperti diberitakan, seorang warga negara Indonesia yang tengah berada di Denmark mendapati rombongan politisi Indonesia tengah menikmati canal tour. Rombongan Baleg itu bertolak ke Denmark dengan alasan kepentingan pembahasan Rancangan Undang-Undang Palang Merah. Rombongan lain bertolak ke Turki.

Selama ini, pimpinan DPR selalu berkilah sudah melakukan pengetatan kunker ke luar negeri. Menurut pimpinan, kunker terkait tugas pengawasan tak dizinkan. Kunker hanya dizinkan terkait pembahasan undang-undang, kegiatan Komisi I terkait hubungan luar negeri.

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT