H+5 Lebaran, Pasien Diare Banjiri Rumah Sakit

H+5 Lebaran, Pasien Diare Banjiri Rumah Sakit
ilustrasi. ( halloriau.com )
PEKANBARU - Pasca lebaran, sejumlah rumah sakit di Pekanbaru mulai dipenuhi pasien penderita diare dan penyakit perut. Panyakit diare yang menyerang warga ini akibat pola makan yang berlebihan saat lebaran.

Misalnya saja Rumah Sakit Petala Bumi yang terletak di Jalan Soetomo Pekanbaru, yang sejak Senin pagi sudah dipenuhi pasien penderita diare dan sakit perut.

Direktur Utama RS Petala Bumi Yusi Prastiningsih saat menerima kunjungan Wakil Gubernur Riau, HR Mambang Mit menyatakan, memang pasien penderita diare dan penyakit perut mendominasi pasien yang dirawat di RS Petala Bumi.

Menurutnya, penyakit ini timbul akibat pola makan dan minum warga yang berlebihan pasca Puasa dan selama lebaran berlangsung. "Biasanya kalau lebaran seperti ini memang didominasi pasien diare dan penyakit perut," jelasnya.

Dikatakannya, sebagian ruang perawatan yang ada di RS Petala Bumi saat ini diisi oleh pasien diare.

Hal senada diungkapkan Wagubri HR Mambang Mit yang sempat berbincang dengan sejumlah pasien di RS Petala Bumi. " Ini akibat semua mau dimakan, ad lontong dimakan, nasi juga, minuman kaleng juga, sirup juga, kue-kue dan berbagai macam makanan lainnya," tukas Mambang.

Oleh karenanya, Mambang menghimbau agar masyarakat untuk mengatur pola makan yang sehat saat lebaran ini. " Makan boleh saja, tetapi juga dipikirkan kesehatan, atur juga pola makan selama lebaran," tandasnya.( halloriau.com )

Berita Lainnya

Index