ilustrasi halloriau.com

Harga Anjlok, Petani Karet Bengkalis Lebaran Ala Kadarnya

Minggu,11 Agustus 2013 - 02:48:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

BENGKALIS-Harga karet yang tak kunjung stabil membuat warga petani getah karet di Bengkalis merayakan lebaran ala kadarnya. Harga rendah telah dimulai sejak awal bulan Ramadhan kemarin.

Menurut Pian, salah seorang petani karet, warga Bantan Tua, Kecamatan Bantan, harga ojol sebelum masuk bulan Ramadan harganya stabil yakni 10-11 ribu/kilo, tapi mulai masuknya bulan puasa langsung turun drastis hingga 6 ribu/kilo. "Sekarang ini baru naik harganya menjadi 7 ribu," katanya.

Katanya, harga getah diibaratkan ombak, naik turun karena dipermainkan toke besar.  "Cobalah lihat harga keluaran dari pabrik yang berbahan dari getah, itu harganya tidak akan pernah turun walau getah dari petani turun," sungutnya.

Pian yang telah menggeluti petani getah dari sejak lajang itu berharap pada pemerintah agar mau mengontrol para toke-toke besar yang selalu mempermainkan harga hasil petani itu. 

"Jika pemerintah dari sekarang tidak mengontrol terkait harga hasil petani ini, macem mana mau mensejahterakan rakyat kecil apalagi tepat masuk bulan puasa hingga lebaran. Ya, akhirnya kita sebagai petani getah dalam menghadapi hari raya tahun ini dengan ala kadarnya," katanya. ( halloriau.com )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT

Sosial & Agama

BKD Kuansing Mulai Seleksi Ratusan Berkas Lamaran

Senin,30 September 2013
Sosial & Agama

Gubri Minta Stop Mutasi PNS Daerah ke Pemprov

Rabu,18 September 2013