Situasi saat technical meeting di aula kantor Camat Kuantan Hilir di Baserah. ( goriau.com )

Besok Pacu Jalur Baserah Dimulai, 52 Jalur Ikut Serta, 1 Dari Inhu

Senin,11 Agustus 2013 - 01:37:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...


BASERAH  - Hari senin ( 12/8 ) besok, pacu jalur Baserah di tepian Lubuak Sobae akan digelar. 52 buah jalur

dari 7 kecamatan di Kuansing dan 1 jalur dari Peranap Indragiri Hului kut serta untuk mengadu tuah diajang ini yang juga termasuk  bergensi di Kuansing ini.

Hal tersebut setelah panitia pelaksana menggelar technical meeting sekaligus pencabutan undian pada hari Minggu ( 11/8 ) siang di aula kantor Camat Kuantan Hilir di Baserah. 7 Kecamatan yang ikut serta diajang pacu jalur yang dilaksanakan secara swadaya oleh masyarakat tersebut masing-masing Kecamatan Pangean  12 jalur. Kecamatan Benai  10 jalur, dan Kuantan Hilir  9 jalur.

Seterusnya, Kuantan Hilir Seberang dan Inuman sama-sama mengutus sebanyak 8 jalur. Tak ketinggalan Sentajo Raya dengan 2 jalur dan Logas Tanah Darat 1  jalur, dan 1  jalur utusan kecamatan  Peranap Kabupaten Indragiri Hulu. 


Dari 52 buah jalur yang akan berlaga tersebut, terdapat sejumlah jalur-jalur unggulan dan disegani karena prestasinya pada tahun lalu dan tahun 2013 ini diberbagai ajang pacujalur event kecamatan. Seperti jalur Siposan Rimbo RAPP, Meriam Onggang Parau, Ombak Nyalo Simutu Olang, Linggar Jati J-A RAPP, Pulau Laghe Mandulang Untuang, Sembilan Langka Putri Samudra, Keramat Sati Alam Bagontar, dan Penentuan Batang Kuantan serta Sialang Soko Putri Mandi.

Terkait akan digelarnya pacujalur di Lubuak Sobae ini, Ketua Panitia Pacu Jalur Baserah, Drs Yanizur saat menyampaikan sambutan pada technical meeting, di Aula Kantor Camat Kuantan Hilir, Minggu berharap, jalur-jalur yang berpartisipasi ini  mengedepankan sportivitas dan persaudaraan pada saat berpacu. Karena pada hakikatnya, pacu jalur ini merupakan ajang untuk merajut tali silaturrahim untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan.

Hal senada diungkapkan Camat Kuantan Hilir, Drs Masran Abdullah. Ia mengharapkan agar, pacu jalur terakhir di kecamatan yang akan digelar sebelum ajang even nasional di Teluk Kuantan berjalan dengan sukses, lancar dan aman. Karena kegiatan tersebut pada dasarnya untuk memberikan hiburan kepada warga masyarakat sekaligus mempererat tali persaudaran.

Mengenai pembukaan ujarnya akan dilakukan fihak kecamatan. " Ini kan acara swadaya masyarakat jadi dibuka oleh fihak kecamatan,"ujarnya.

Ia yakin pacu jalur yang digelar usai lebaran Idul Fitri ini akan mendapat perhatian dari masyarakat. Karena dahaga dan kecanduan warga menyaksikan pacu jalur akan terobati dari ajang pacu jalur Baserah ini, karena hampir sebulan lebih sejak Ramadhan tidak ada helat serupa yang dilaksanakan. 

" Mari Kita jaga keamanan, ketertiban pacu jalur ini,"pungkasnya. ( isa ) 

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT