ilustrasi okezone.com

Hari Ini Tarekat Syattariyah Baru Rayakan Idul Fitri

Jumat,09 Agustus 2013 - 12:26:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

PADANG - Hari ini jamaah Tarekat Syattariyah di Sumatera Barat baru melakukan salat Ied di masjid Tajul Arifin, Kapalo Koto, Kecamatan Pauh, Padang, Sumatera Barat.
 
Guru Syattariyah masjid Tajul Arifin Lukman Hakim Tuanku Kuniang, mengatakan, jamaahnya baru melihat bulan di Ulakan Padangpariaman tadi malam.
 
“Bulan baru nampak tadi malam dan hari ini jatuhnya 1 Syawal tahun Hijria, artinya baru hari kita merayakan Idul Fitri,” katanya, Jumat (9/8/2013)
 
Dia mengakui, Syattariyah sering ketinggalan dengan pemerintah satu hari, namun baginya tidak masalah itu. “Kalau ilmu pemerintah adalah ilmu yang dipelajari, beramal dengan ilmu, ilmu adalah guru, sementara ilmu adalah yang diturunkan Rasullah,” ujarnya.
 
Untuk di mesjid tersebut jamaahnya mencapai 200 orang, sementara untuk Kota Padang sendiri terekat tersebar di Kecamatan Pauh dan Belimbing. Aliran ini berpusan di Ulakan Tapakis, Padangpariaman, Sumatera Barat yang di siarkan Syekh Burhanuddin. “Di Pariaman jamaahnya sangat banyak,” katanya.
 
Sementara itu sampai hari ini sudah masuk keempat kalinya masyarakat di Kota Padang ini melakukan shalat Ied, salat Ied pertama dilakukan Terekat Naqsabandiyah Pauh pada 6 Agustus lalu, dan 7 Agustus Terekat Sammaniyah di Koto Tangah shalat, baru 8 Juli umat muslim umunya melakukan shalat dan pada hari ini salat Ied 9 Agustus dilakukan Syattariyah.( okezone.com )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT