Tanpa Gubernur Rusli Zainal, 'Open House' Pemprov Riau Sepi Sekali

Tanpa Gubernur Rusli Zainal, 'Open House' Pemprov Riau Sepi Sekali
Gubri HM Rusli Zainal. ( goriau.com )

PEKANBARU - Acara ''open house'' Idul Fitri Pemerintah Provinsi Riau bersama masyarakat di rumah dinas Gubernur di Pekanbaru, Kamis (8/8/2013), digelar tanpa kehadiran Gubernur Riau Rusli Zainal yang masih menjalani masa tahanan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, ''open house'' tanpa Rusli Zainal ini sepi sekali dengan kunjungan masyarakat.


Acara tersebut hanya dihadiri Wakil Gubernur Riau Mambang Mit dan unsur Muspida Riau, di antaranya Ketua DPRD Riau Djohar Firdaus, Kapolda Riau Brigjen Pol Condro Kirono, Danrem 031/Wirabima Brigjen TNI Teguh Rahardjo, dan Danlanud Roesmin Nurjadin Kolonel Pnb Andyawan.


Seperti tahun-tahun sebelumnya, open house dibuka untuk masyarakat umum yang ingin datang dan bersilaturahami dengan pejabat Riau. Namun, kegiatan tahun ini sangat sepi warga. Mayoritas tamu adalah para pejabat di Pemprov Riau. Padahal bagian rumah tangga menyediakan makanan yang melimpah.


''Semenjak tujuh tahun terakhir saya ikut kegiatan open house Gubernur Riau, tahun inilah yang paling sepi,'' kata Sekretaris DPRD Riau, Zulkarnain Kadir.


Minimnya kehadiran masyarakat juga diakui oleh Inem (50), asisten rumah tangga di rumah dinas Gubernur Riau. Biasanya, ribuan warga sudah berdatangan sejak kegiatan open house dibuka pukul 09.00 WIB.


''Dibandingkan tahun sebelumnya, sekarang sangat sepi. Biasanya, bisa sampai ribuan yang datang sampai ada yang tidak kebagian makanan dan minuman,'' kata Inem.


Kepala Biro Umum Setdaprov Riau, Rusli M, mengatakan pihaknya sudah mengumumkan kepada masyarakat bahwa tradisi open house tetap diadakan meski tanpa kehadiran Gubernur Rusli Zainal.


''Sudah kami sebarkan informasinya bahwa acara ini untuk umum, dan di koran-koran juga sudah diberitakan,'' katanya.


Kepala Perpustakaan Daerah Riau Soeman HS, Chairul Rizky, mengatakan kemungkinan belum banyak masyarakat tahu ada kegiatan open house di kediaman gubernur karena Rusli Zainal tidak ada di Pekanbaru. Sedangkan, kegiatan itu hanya berlangsung selama sehari saja.


Gubernur Rusli Zainal hingga kini menjadi tahanan KPK di Jakarta, karena statusnya sebagai tersangka kasus dugaan korupsi. Rusli menjadi tersangka dua kasus sekaligus, yakni dugaan suap PON XVIII Riau dan korupsi kehutanan. ( goriau.com )

Berita Lainnya

Index