Menhan Taiwan hanya bertahan enam hari

Menhan Taiwan hanya bertahan enam hari
fhoto bbc

Andrew Yang hanya bertahan enam hari sebagai menteri sebelum akhirnya mundur karena tuduhan plagiarisme.

Menteri Pertahanan Taiwan, Andrew Yang, mengundurkan diri setelah menjabat hanya dalam waktu enam hari terkait ramainya tuduhan telah melakukan penjiplakan

Yang dituduh melakukan penjiplakan setelah artikel yang diterbitkan atas namanya pada tahun 2007 dituding menyalin dari majalah lain.

Dia adalah menteri pertahanan kedua yang mengundurkan diri dalam seminggu, pada saat pengawasan publik meningkat atas sistem militer di negara ini.

Pendahulu Yang, Kao Hua-chu, mengundurkan diri pada 31 Juli lalu. Yang mengatakan artikel mengenai Tentara Pembebasan Rakyat di Cina itu, yang dituding mengandung unsur penjiplakan, ditulis oleh seorang kawan dengan menggunakan namanya.

"Ini adalah kesalahan saya pribadi dan saya meminta maaf," kata dia kepada reporter dalam sebuah konferensi pers pada Selasa (06/08) kemarin.

"Saat ini pemerintah dan militer menghadapi tantangan yang berat, tapi kesalahan saya telah mencoreng kehormatan pemerintah dan militer dan berdampak kepada reputasi presiden dan perdana menteri."

Yang adalah warga sipil pertama yang memimpin Kementerian Pertahanan menggantikan pendahulunya, Kao.

Kementrian ini menghadapi kritikan publik menyusul kematian salah seorang peserta wajib militer, Hung Chung-chiu pada 3 Juli lalu. Pria 24 tahun ini tewas akibat kelelahan setelah menjalani hukuman latihan paksa. Pada Sabtu (03/08) lalu ribuan orang melakukan protes atas kematiannya di Taipei. (bbc/bbc)

Berita Lainnya

Index