Ilustrasi. ( ktc )

Pilkades Ulang Desa Kopah, Sarkawi Nurda Ungguli Basirudin

Rabu,30 Juli 2013 - 08:36:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUK KUANTAN - Pilkades ulang desa Kopah Kecamatan Kuantan Tengah, Selasa ( 30/7 )  siang. Usai penghitungan suara digelar, Sarkawi Nurda meriah suara terbanyak . Pada Pilkades ulang ini kembali diikuti dua pasangan calon masing-masing Syarkawi Nurda dan Basirudin.
Syarkawi Nurda meraih 171 suara sedangkan rivalnya Basirudin meraih 157 suara sedangakn suara tidak syah sebanyak 7 suara. Dari 364 daftar pemilih tetap ( DPT ), 29 pemilih tidak menggunakan hak suaranya.

Sebelumnya Pilkades desa Kopah digelar tanggal 5 Desember 2012 yang lalu.Usai pemilihan hasilnya Basirudin meraup sebanyak 155 suara, sedangkan Sarkawi Nurda  meraih 154 suara. Di Pilkades Kopah saat itu, dari 358 daftar pemilih tetap ( DPT ) yang terdaftar, 339 orang menggunakan suaranya, sedangkan suara rusak mencapai 30 buah.
Namun Sarkawi melakukan protes atas Pilkades ini, karena panitia tidak membuat berita acara tata tertib pemilihan yang ditanda tangani berbagai fihak yang berkompeten. Ia kemudian meminta pemilihan Kades ulang.
Setelah mempelajari keberatan Sarkawi, Pemkab kemudian memutuskan Pilkades ulang karena ditemukan sejumlah kelemahan yang ditemui dan tidak mengacu kepada Perda terkait hal ini . Tak puas dengan putusan Pemkab, Basiruddin kemudian mengadu ke Ombusdman Riau. Ombusman Riau pun kemudian merekomendasikan Pilkades ulang.
Ketua Panitia Pelaksana Pilkades desa Kopah, Agus Usman yang dikonfirmasi wartawan usai Pilkades mengakui helat demokrasi memiliki Kades Kopah tersebut berjalan lancar. Ia mengamini jika Syarkawi meraih suara terbanyak 171 suara, sedangkan Basirudin meraih 157 suara.

Agus Usman juga mengakui Pilkades kali ini sudah syah, Karena masing-masing fihak sudah menyepekati tata tertib yang dibuat sebelum pemilihan digelar. " Alhamdulillah berjalan lancar dan tertib,"pungkasnya. ( isa )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT