Alat berat. ( ktc )

Atasi Jalan Rusak Selama Arus Mudik, BMSDA Kuansing Siagakan Alat Berat

Jumat,25 Juli 2013 - 12:35:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUK KUANTAN - Musim mudik ( pulang kampung ) dan balik lebaran Idul Fitri 1434 Hijriah segera tiba. Agar ritual tahunan yang diikuti jutaan warga itu berjalan lancar, aman dan tertib termasuk di Kuansing, Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (  BMSDA ) Kuansing, menyiagakan alat berat.
" Ada alat berat yang akan stand by bekerja jika terjadi gangguan di jalan yang dilalui para pemudik seperti longsor atau gangguan lain yang memerlukan penanganan BMSDA,"ujar Kadis BMSDA Kuansing, Azwan melalui Kepala Bidang Peningkatan Jalan, Nasri Edi, Kamis ( 25/7 ) siang diruang kerjanya.
Namun mencermati evaluasi selama 2 tahun belakangan, maka alat berat stand by tersebut tidak berada secara permanen di Pospam Arus Mudik yang didirikan disejumlah titik di Kuansing.
" Dulu Kita memang menyiagakan alat berat di Pospam Lebaran, namun dua tahun terakhir tidak, namun Kita siap meluncur ke lokasi kerusakan jalan jika ada permintaan dari petugas di Pospam Arus Mudik,"ujarnya.
Alasanya beber Nasri Edi, jika distandbykan setiap saat di Pospam dirasakan kurang efektif, sebab belum tentu terjadi gangguan jalan setiap harinya.  Sementara jika dipergunakan untuk kepentingan lain seperti pemeliharaan dan peningkatan jalan seperti dipedesaan juga bermanfat bagi masyarakat. Namun tentu saja penggunaan alat berat tersebut dikecamatan yang dekat dengan  Pospam, sehingga terjadi gangguan dapat secepatnya tiba di lokasi.
" Kita tentu atur penempatan alat berat walaupun tidak di Pospam sehingga dekat dengan Pospam sehingga jika terjadi gangguan dapat segera meluncur ke TKP,"ujarnya.
Terkait kondisi jalan ujarnya, saat ini cukup baik terutama jalan negara dan jalan provinsi. Yang parah cuma beraa antara Baserah dan Cerenti yang merupakan jalan provinsi. " Penanganan jalan rusak di lokasi ini memang agak lambat tapi ini wewenang provinsi,"ujarnya.

Ruas jalan pemudik lainnya yang terdapat gangguan berada antara Teluk Kuantan dan Kiliran Jao, namun saat ini sedang dalam tahap perbaikan oleh rekanan,"pungkasnya. ( isa )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT