Pacu jalur. ( ktc )

Dipertanyakan Dewan, Disbudparpora Kuansing Tolak Hibah Rp 1 Miliar Pemprov Riau

Senin,22 Juli 2013 - 07:29:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUK KUANTAN - Meskipun tergolong minim anggaran yang digelontorkan untuk pelaksanaan even pacujalur di Teluk Kuantan dari tahun ke tahun, namun tidak membuat semangat Pemerintah serta masyarakat kuansing patah arang. karena pacujalur sudah merupakan darah daging yang tidak bisa dipisahkan dari tradisi orang Kuantan Singingi.

Bersempena dengan itu, pada tahun 2012 lalu, pemerintahan Provinsini Riau pernah berencana membantu Pemkab Kuansing melalui Disbudpora melalui sebesar Rp 1 miliar, namun bantuan tersebut ditolak, sehingga bantuan yang telah dianggarkan oleh Kesra Provinsi Riau tersebut batal dicairkan.

"Pernah Dinas Pariwisata Kuansing mengatakan, meskipun tidak ada bantuan dari provinsi, kita (pemkab Kuansing-red) bisa mengadakan pacujalur ini," ujar anggota dewan dari partai PPP seperti meniru ucapkan Kadisbudpora kuansing Senen (21/7/13).

Memang kinerja Disbudpora itu tergolong bagus, namun pujian itu cukup disimpan dalam hati saja kata Naswan. alangkah bodohnya kita menolak bantuan senilai Rp1 miliar tersebut, sementara pemerintah Kuansing masih kekurangan dana untuk menggelar even tersebut dari tahun ke tahun.

"Apa alasan Disbudpora menolak bantuan dana itu," tegas Naswan.

Sementara itu belum lama ini kepada wartawan, Kadisbudpora Kuansing, Maifadal Muin mengakui waktu itu mendapatkan dukungan dana dari provinsi melalui bantuan dari dana Kesra Kantor Gubernur Riau. Tahun lalu, dikatakanya Bidang Kesra telah menyetujui membantu pelaksanaan pacu jalur di Kuansing senilai Rp1 miliar.

Tetapi pada saat pencairan, ungkap Maifadal, pihaknya dituntut untuk memberikan kompensasi lain . artinya dana yang tadinya dianggarkan sebesar Rp1 miliar, menurutnya, apabila dibayarkan kompensasi, tentu dana itu tidak akan utuh diterima sebesar Rp1 miliar. "Ini kan sama dengan suap, dan kita tidak pandai yang macam ini, sehingga uang itu tak bisa kita ambil," ungkapnya.

Belajar dari pengalaman sebelumnya, dan sering berkonsultasi dengan Bupati H Sukarmis, Maifadal tidak ingin lagi mengajukan proposal untuk pelaksanaan pacu jalur di Kuansing kepada Pemprov Riau. "Ya, berapa dana yang kita punya, itu yang kita manfaatkan," jelasnya lagi. ( riauterkini.com )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT