Ilustrasi. ( ktc )

Sempat Capai Rp 130 Ribu Perkilo, Harga Daging di Kuansing Kembali Normal

Kamis,17 Juli 2013 - 10:56:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUK KUANTAN - Harga daging di Kuansing sempat melonjak tajam diawal Ramadhan 1434 Hijriah hingga Rp 130 ribu untuk satu kilogram, saat ini kembali normal seperti sedia kala.
" Sekarang sudah kembali normal, rata-rata Rp 90 ribu sama dengan Rp 100 ribu per kilogram, itu normal, awal Ramadhan memang sempat sampai hingga Rp 130 ribu,"ujar Kadis Peternakan Kuansing, Masri, SP, MM, Rabu ( 17/7 ) siang dikantornya.
Mengenai harga daging yang melonjak tinggi di awal Ramadhan menurut Masri bukan karena stok, melainkan hukum pasar. Saat itu permintaan daging memang cukup besar dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.
" Karena permintaan tinggi pedagang memiliki kesempatan menaikkan harga, karena mereka tahu konsumen memang butuh, ini diluar perkiraan mereka,"ujarnya.
Menurut Masri soal stok hewan ternak seperti kerbau dan sapi, di Kuansing cukup memadai kebutuhan yang ada.  Hanya saja soal kelangkaan yang lalu disebabkan oleh permintaan yang demikian tinggi. " Ini hukum demand and suplay, dan tak bisa diintervensi oleh pemerintah kecuali berlanjut pemerintah tentu saja tidak akan tinggal diam,"ujarnya.
Kedepan kata Masri, fihaknya berharap kejadian serupa tidak terulang pada Lebaran Idul Fitri tahun ini yang tinggal  3 minggu lagi. Oleh karena itu dirinya akan mencermati kebutuhan daging masyarakat dengan stok yang tersedia, jika memungkinkan akan dilakukan intervensi pasar. ( isa  )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT