Keluarga Pasien Kecewa, Stok Darah di RSUD Teluk Kuantan Kosong

Keluarga Pasien Kecewa, Stok Darah di RSUD Teluk Kuantan Kosong
Ilustrasi. ( ktc )
TELUK KUANTAN -  Ijul warga desa Sungai Langsat Kecamatan Pangean kecewa terhadap pelayanan RSUD Teluk Kuantan, pasalnya saat abangnya yang menjalani perawatan di RS ini membutuhkan darah AB, stok darah tersebut tidak tersedia.
Ijul kepada wartawan, Selasa ( 16/7 ) siang mengaku akibat kondisi ini dirinya harus pontang panting mencari stok darah. Ia harus kian kemari dan menelpon keluarga terdekat agar mau menyumbangkan darah demi kesembuhan abang tercintanya itu.
Namun demikian dari banyak fihak keluarga yang dihubunginya saat itu, ternyata banyak yang tidak sejenis darahnya dengan golongan darah abangnya itu. Kondisi ini membuat dirinya semakin kecewa dengan stok darah yang ada di RSUD tersebut.
" Kalau tersedia di RSUD kan enak. Apa tidak, tugas Kita fokus menjaga keluarga yang sedang menjalani pengobatan. Apalagi bagi Kami orang kampung, soal-soal stok darah ini masih cukup awam,"ujarnya.
Untuk itu dirinya berharap RSUD Teluk Kuantan senantiasa menyediakan stok darah bagi pasien yang sewaktu-waktu membutuhkan.  Yang menyedihkan lagi tambah Ijul, sejauh ini fihak RSUD yang telah berulang kali merontsen tubuh abangnya namum belum juga menemukan jenis penyakit. Sementara itu sang abang terus membutuhkan pasokan darah baru.
Direktur RSUD Teluk Kuantan, dr David Oloan Napitupulu, MARS, Rabu siang  mengakui saat itu stok darah di RSUD kosong untuk jenis AB dan darah lainnya. Hanya saja Ia mengingatkan, stok darah di  RSUD sangat tergantung dari pasokan PMI. Semakin banyak PMI menggelar kegiatan donor darah atau warga yang menyumbangkan darah ke PMI, semakin banyak stok darah di RSUD Teluk Kuantan.
" Yang paling sering mendonor darah kerjasama dengan PMI dari TNI, Kita ucapkan terimakasih kepada prajurit TNI, mudah-mudahan kedepan tetap bersedia mendonor darah demi kemanusiaan,'ujarnya.
Disamping itu karywan RSUD juga sering diminta melakukan donor darah untuk menambah stok. Bahkan dalam waktu dekat , fihaknya berupaya melakukan kegiatan untuk penambahan stok darah itu.

Terkait kebutuhan pasien seperti Ijal yang mendesak itu sementara di RSUD tidak tersebut, David berharap Ijal mencari keluarga mereka yang sejenis darah denga abangnya. " Kalau ada anggota keluarga yang sama darahnya, bawa ke RSUD nanti Kita kerjasama dengan PMI untuk donor darah, ini langkah jangka pendek yang harus dilakukan disamping fihak RSUD mencari dari fihak lain,"pungkasnya.( isa )

Berita Lainnya

Index