Ilustrasi. ( grc/ktc )

Selama Ramadhan, PLN Riau Janji tak Ada Pemadaman Bergilir

Sabtu,05 Juli 2013 - 06:40:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

PEKANBARU - Hampir berjalan dua bulan terakhir pemadaman bergilir terjadi di Pekanbaru. Namun di saat bulan puasa nanti, PLN Wilayah Riau-Kepri menjamin tidak ada pemadaman.


"Insya Allah, bulan puasa nanti tidak ada lagi pemadaman bergilir. Dalam sepekan ini pemadaman bergilir tidak ada lagi di Pekanbaru. Kita harapkan juga dengan kondisi pembangkit yang ada saat ini, di bulan ramadan tidak ada pemadaman bergilir," kata Manager Humas PLN Riau-Kepri Suhatman kepada detikFinance, Jumat (5/7/2013).


Menurut Suhatman, pemadaman bergilir yang sebelumnya sempat terjadi di Pekanbaru diakibatkan rusaknya mesin pembangkit PLTU Ombili di Sumatera Barat (Sumbar).


Namun, kini satu pembangkit dari dua yang ada sudah bisa dioperasikan. Pembangkit Ombilin normalnya menghasilkan 200 megawatt (MW) dari dua mesin.


"Kini satu mesinnya sudah bisa menghasilkan 70 MW. Kita tidak bisa memaksakan sampai 100 MW, karena kondisinya baru selesai diperbaiki. Namun kondisi 70 MW saja sudah bisa menjamin pasokan ke Riau," kata Suhatman.


Pun demikian, untuk menghindari pemadaman bergilir itu, lanjut Suhatman, diminta pelanggan besar pada malam hari tidak menggunakan arus PLN. Diharapkan pada pukul 18.00 hingga 22.00 WIB, saat beban puncak, pelanggan besar menggunakan genset sendiri.


"Karenakan kondisi pembangkita kita belum maksimal. Diharapkan pengertiannya kepada pelanggan besar, seperti perhotelan untuk keluar 4 jam selama beban puncak. Ini guna menghindari kekurangan daya saat beban puncak," kata Suhatman.


Masih menurut Suhatman, tim teknik dari PLN sampai saat ini terus berupaya melakukan perbaikan terhadap satu mesin di PLTU Ombilin. ( dtc/grc/ktc )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT