BPMPKB Kuansing Gelar Bimtek Penyusunan Profil Desa

BPMPKB Kuansing Gelar Bimtek Penyusunan Profil Desa
Ilustrasi. ( ktc )

TELUK KUANTAN-Demi menyukses kan pembuatan profil desa, Badan Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPKB ) Kuansing , memberikan Bmbingan Teknis (Bimtek) terhadap petugas yang akan melakukan penyusunan profil desa. Hal tersebut disampaikan Kepala BPMPKB Kuansing, Asyarudin melalui Kabid Pemberdayaan Desa , Saleh, S Sos, kepada wartawan , di ruang kerjanya, Jumat(5/7).

Acara Bimtek tersebut menurut Saleh, diadakan di Hotel Khasanah Telukkuantan, selama dua hari, hari ini ditutup. Untuk tahap pertama ini kata Saleh, Bimtek diikuti sebanyak 90 desa yang diambil dari masing-masing kecamatan.

"Untuk menentukan desa mana saja yang menjadi peserta ditentukan oleh camat."Jelasnya.

lanjut Saleh . Profil desa ini bakal menjadi lumbung data bagi berbagai pihak untuk mengetahui informasi tentang desa .Profil desa tersebut katanya akan ditampilkan dalam bentuk teknologi informasi seperti website yang dikelola langsung oleh BPMPKB.

"Dengan berbentuk website, perubahan informasi tentang sebuah desa dapat dilakukan perubahan dan pihak mana pun, dapat mengaksesnya dari mana pun dengan membuka website ini kelak,"ujarnya.

Informasi yang akan ditampilkan dalam profil desa tersebut ujarnya, semua informasi seperti, luas wilayah, jumlah penduduk, jumlah areal sawah , jumlah areal perkebunan, jumlah kolam ikan rakyat, jumlah rumah, dan jumlah peternakan.

"Pokoknya semua informasi yang ada di desa ditampilkan dalam profil desa itu"ujarnya.

Data tersebut-sebut Saleh, dapat digunakan pihak-pihak lain yang berkepentingan untuk proses perencanaan pembangunan di masing-masing desa .Contohnya, ada pihak yang menginginkan data tentang jumlah areal perkebunan , instansi pusat dan provinsi atau kabupaten dapat langsung melihat dari profil desa ini.

"Karena itu peran dari Kades dan perangkatnya sangat besar untuk memberi tahu ke BPMPKB soal perubahan data tersebut.Karena data tersebut manfaatnya unruk masimg-masing desa juga,"katanya.

Mengingat besarnya manfaat dari frofil desa ini sebut Saleh maka diminta para Kades dan perangkat desa agar serius bekerja. "Kami menargetkan tahun 2014 program profil desa telah selesai 60 persen,"harapnya.( riauterkini.com )

Berita Lainnya

Index